Aftermarket

Desain Helm Trail Berbeda dari Versi Biasa, Ini Fungsinya

Desain Helm Trail Berbeda dari Versi Biasa, Ini Fungsinya
Helm RSV terbaru. Foto: Dedi Sofyan/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Helm trail memiliki ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan helm full face standar yaitu bagian bawah (mulut) meruncing juga pet panjang. Lantas kenapa alasannya?

Menurut penuturan Executive Director RSV Helmet Indonesia Richard Ryan, helm trail memang punya bentuk agak meruncing karena alasanya untuk keamanan.

"Sekarang begini helm trail digunakan untuk ajang balap yang ekstrem. Sehingga bentuk helm didesain sedemikian rupa untuk melindungi kepala penggunanya," kata Richard saat ditemui beberapa waktu lalu, di Jakarta.

BACA JUGA: Jangan Sering Gantungin Helm di Motor, Ketahui Akibatnya

Richard menambahkan, jika tidak meruncing bawahnya akan sangat bahaya bagi pengendara begitu melompat ditanjakan.

"Ketika pengendara jatuh tidak pas biasanya yang potensi kena cidera bagian rahang, kena bagian setang. Sehingga moncong helm memang dibuat agak panjang supaya bisa melindungi efek benturan," terang Richard.

Sementara itu, untuk bagian pet yang panjang ditujukan untuk melindungi visor dari cipratan lumpur dan menjaga visibilitas.

"Bagian topi yang panjang untuk melindungi google mask kan. Jadi biar visibilitasnya tetap baik," tutup Richard. (mg9/jpnn)


Helm trail memiliki ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan helm full face biasa (on-road) yaitu bagian bawah (mulut) meruncing juga pet panjang. Lantas kenapa alasannya?


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News