Gowes Pesona Nusantara Beri Wondama Peluang Genjot Pariwisata

Gowes Pesona Nusantara Beri Wondama Peluang Genjot Pariwisata
Adiati Noerdin kala menerima tanah dan air dari kepala suku Sayori Yohan Sayori. Foto: Istimewa for JPNN

jpnn.com, PAPUA BARAT - Dentuman suara tifa mengiringi delapan penari laki-laki saat menarikan tarian Majai.

Itu merupakan bagian dari upacara penyerahan tanah dan air Kabupaten Teluk Wondama yang berlangsung di bukit Aitumieri dalam rangka perhelatan Gowes Pesona Nusantara yang diprakarsai oleh Kemenpora RI, Sabtu (10/6).

Setelah melakukan ritual adat, Ketua adat suku Sayori Yohan Sayori menyerahkan tanah dan air dari tanah peradaban Papua kepada Staf Ahli Kemenpora bidang Kepemudaan Adiati Noordien.

Hadir pula Bupati Teluk Wondama Bernadus Imburi dan Wakil Bupati Teluk Wondama Paulus Indubri.

Tanah dan air itu akan dijadikan satu dengan tanah dan air dari daerah lainnya untuk dijadikan Monumen Tanah Air Nusantara di Gunung Tidar, Jawa Tengah.

"Kami keluarga besar Sayori bersama keluarga besar Ramarmaniwak mewakili seluruh masyarakat Kabupaten Teluk Wondama yang merupakan Tanah Peradaban Papua, dengan resmi menyerahkan tanah dan air kepada Bupati Teluk Wondama," tutur Sayori ketika memberikan tanah dan air dari tanah Peradaban Papua kepada Adiati.

"Kami terima tanah dan air dari Kabupaten Teluk Wondama ini dan akan kami jadi satukan dengan tanah dan air dari daerah lainnya untuk dijadikan Monumen Tanah Air Nusantara di Magelang, Jawa Tengah yang bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional pada 9 September mendatang," kata Adiati.

Tanah dan air yang diambil dari Bukit Aitumieri kemudian diarak ke lokasi start/finish yang terletak di Dermaga Kuri Pasai.

Dentuman suara tifa mengiringi delapan penari laki-laki saat menarikan tarian Majai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News