Nolan Does It Again! Dunkirk Nyaris Sempurna

Nolan Does It Again! Dunkirk Nyaris Sempurna
Poster film Dunkirk. Foto: Youtube

jpnn.com - Kita sudah melihat Christopher Nolan membuat sci-fi superkeren lewat Inception. Kita juga melihatnya meredefinisi saga Batman menjadi sangat epik dengan plot luar biasa indah dan aksi berantem yang dahsyat.

Setelah itu, otak kita dipaksa berpikir keras mengikuti logikanya ketika dia membuat drama luar angkasa Interstellar. Apa jadinya kalau Nolan membuat film perang?
Jawabanya tentu "masterpiece".

Itulah pujian yang kompak diberikan para kritikus yang mengikuti skrining Dunkirk sepanjang dua pekan lalu. Ulasan-ulasan positif mereka langsung tecermin pada rating awal Dunkirk.

Film yang dibintangi Fionn Whitehead, Tom Hardy, dan Harry Styles tersebut meraih skor 9,6 di IMDb dan 98 persen di Rotten Tomatoes. Saking jatuh cintanya kritikus pada Dunkirk, mereka berani menjagokan film itu sebagai kandidat nomine film terbaik Oscar 2018!

’’Nolan menempatkan semua potongan dengan tepat,’’ kata Todd McCarthy, kritikus The Hollywood Reporter.

’’Ini bukan film perang yang menampilkan pidato-pidato inspiratif, kangen pada kampung halaman, atau harapan masa depan. Ini tentang bagaimana bertahan hidup pada saat ini,’’ lanjutnya.

Battle of Dunkirk, (disebut juga Evakuasi Dunkirk dengan kode Operasi Dinamo) adalah penyelamatan lebih dari 340 ribu pasukan sekutu dari Pantai Dunkirk, Prancis, pada Perang Dunia II. Tentara Inggris dengan jumlah yang paling banyak, disusul pasukan Prancis, Belgia, dan Kanada. Selama berhari-hari, mereka terkepung oleh Jerman.

Peristiwa itu sudah berkali-kali diangkat ke layar. Yang paling terkenal mungkin Dunkirk versi 1958 dan sebuah drama dokumenter buatan BBC pada 2004. Nolan memilih sudut pandang yang berbeda, yang kental dengan humanisme.

Kita sudah melihat Christopher Nolan membuat sci-fi superkeren lewat Inception. Kita juga melihatnya meredefinisi saga Batman menjadi sangat epik

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News