Obama Tarik Semua Tentara AS dari Iraq Akhir Tahun Ini

Obama Tarik Semua Tentara AS dari Iraq Akhir Tahun Ini
Obama Tarik Semua Tentara AS dari Iraq Akhir Tahun Ini
WASHINGTON - Menjelang pemilu AS tahun depan, Presiden Barack Obama kembali mengeluarkan kebijakan populis. Seluruh tentara Negeri Paman di Iraq akan ditarik akhir tahun ini.

Dalam sebuah pembicaraan jarak jauh melalui video (video conference) pada Jumat pagi (21/10) waktu AS atau Jumat malam WIB, Obama dan Perdana Menteri (PM) Iraq Nouri al-Maliki bersepakat untuk mengakhiri keberadaan militer AS. Keputusan tersebut merupakan pemenuhan janji penting Obama dalam kampanyenya agar terpilih kembali.

Keputusan Obama tersebut menuai kecaman sekaligus dukungan. Kecaman datang dari oposisi Partai Republik. Sedangkan dukungan terus mengalir dari kalangan yang meyakini bahwa inilah saatnya bagi AS untuk mengakhiri perang yang dulu pernah disebut Obama sebagai "tindakan bodoh" tersebut.

Berbulan-bulan, pemerintah AS dan Iraq melakukan negosiasi mengenai persyaratan sebuah kesepakatan yang akan tetap menempatkan beberapa ribu tentara Paman Sam di Iraq. Tujuannya adalah melakukan operasi khusus dan pelatihan sesuai batas waktu yang dirancang oleh mantan Presiden George W. Bush.

WASHINGTON - Menjelang pemilu AS tahun depan, Presiden Barack Obama kembali mengeluarkan kebijakan populis. Seluruh tentara Negeri Paman di Iraq

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News