Pilpres 2019: Gatot-AHY Keren Juga

Pilpres 2019: Gatot-AHY Keren Juga
Agus Harimurti Yudhoyono. Foto: Instagram

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Pangi Sarwi Chaniago menilai Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY pantas maju di Pilpres 2019.

Pangi melihat tidak ada lagi kader Partai Demokrat (PD) yang pas untuk maju di pemilihan presiden 2019, selain anak pertama Presiden keenam RI sekaligus Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

Apalagi AHY sudah memastikan tidak akan maju pada pemilihan kepala daerah (pilkada) Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim). Artinya, kata dia, AHY sudah diplot maju untuk pesta politik yang lebih besar yaitu pilpres.

"Saya melihat AHY punya kans menumbangkan Joko Widodo pada Pilpres 2019," kata Pangi menjawab JPNN.com, Jumat (23/6).

Namun, kata Pangi, opsi kedua kemungkinan ada juga peluang AHY jadi wakil presiden kalau nanti konstelasi politik berubah. Misalnya, berpasangan dengan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo jika diusung sebagai capres. "Misalnya Gatot-AHY itu pasangan yang ideal dan keren juga," kata Direktur Eksekutif Voxpol Center itu.

Yang jelas, lanjut Pangi, kans AHY di pilpres 2019 sangat besar. Alasannya pertama karena AHY sudah punya partai. Kedua, amunisi politik juga tidak perlu diragukan untuk modal pilpres. Ketiga, popularitas dan akseptabilitas AHY sudah menanjak tajam dan di atas angin setelah maju di Pilkada DKI Jakarta kemarin. "Siapa yang tidak kenal sama sosok AHY," pungkas Pangi. (boy/jpnn)


Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Pangi Sarwi Chaniago menilai Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY pantas maju


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News