Survei IndEX: Hanya 7 Partai Lolos ke Senayan

Survei IndEX: Hanya 7 Partai Lolos ke Senayan
Bendera Partai Politik. Ilustrasi Foto: Doni Kurniawan/Jawa Pos Group

jpnn.com, JAKARTA - Mendekati putaran akhir musim kampanye Pileg 2019, elektabilitas partai politik (parpol) mulai bergerak stabil. Dua parpol yang kadernya maju sebagai calon calon presiden hampir dapat dipastikan bertengger di urutan pertama dan kedua peraih suara terbanyak.

Survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research menunjukkan elektabilitas PDIP mencapai 24,3 persen. Gerindra menyusul pada posisi berikutnya sebesar 14,9 persen.

Kedua parpol memimpin di antara kelompok lima besar lainnya, yaitu Golkar (11,2 persen), PKB (7,7 persen), dan Demokrat (5,1 persen).

“Lima besar parpol mendominasi elektabilitas, ditambah dua parpol yang diprediksi lolos ambang batas yaitu Nasdem (4,6 persen) dan PSI (4,3 persen),” ungkap Direktur Eksekutif indEX Research Vivin Sri Wahyuni dalam siaran pers di Jakarta, Kamis (28/3).

BACA JUGA: Survei Membuktikan Masyarakat Indonesia Semakin Sejahtera

Survei IndEX: Hanya 7 Partai Lolos ke Senayan

Survei-survei yang dilakukan indEX sejak Desember 2018 memperlihatkan bahwa elektabilitas partai lima besar tidak banyak berubah. PDIP berada pada kisaran 22-26 persen, Gerindra 12-15 persen, dan Golkar 9-12 persen. PKB cenderung stabil pada kisaran 7 persen, sedangkan Demokrat fluktuatif pada kisaran 4-5 persen.

Pada kelompok parpol papan tengah, Nasdem memimpin dengan elektabilitas pada kisaran 3,3 hingga 4,6 persen. PPP yang stabil pada kisaran sempit 3,1 hingga survei terakhir 3,4 persen semakin tertinggal oleh parpol lain, PKS (3,8 persen) dan PAN (3,7 persen). “Situasinya diperparah dengan penangkapan ketua umum PPP Romahurmuzy oleh KPK,” tambah Vivin.

Survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research menunjukkan elektabilitas PDIP mencapai 24,3 persen dan Gerindra 14,9 persen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News