Target Akhir 2019, Waktu Tempuh Jakarta-Surabaya Hanya 5 Jam

Target Akhir 2019, Waktu Tempuh Jakarta-Surabaya Hanya 5 Jam
Budi Karya Sumadi. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah terus berupaya meningkatkan pelayanan PT Kereta Api Indonesia untuk para pemudik. Apalagi jika proyek kereta cepat Jakarta–Surabaya bisa terealisasi.

Menurut Budi, proyek kereta cepat Jakarta–Surabaya bisa menjadi jawaban atas kebutuhan kuantitas yang tinggi. Dalam satu hari, kereta bisa bolak-balik dari Jakarta menuju Surabaya.

”Kereta cepat ini memiliki kecepatan 160 km per jam. Bisa dua–tiga kali lipat melayani,” kata Budi saat mendampingi Ketua DPR Setya Novanto memantau kesiapan mudik di Stasiun Senen, Jakarta, kemarin (22/6).

Menhub menyatakan, rata-rata saat ini stasiun di Jakarta memberangkatkan sekitar 30 ribu pemudik setiap hari.

Jumlah tersebut masih sangat kurang karena tidak sebanding dengan animo masyarakat. ”Permintaan kereta api ini tinggi sekali,” kata Budi Karya.

Menhub merencanakan proyek kereta cepat Jakarta–Surabaya dimulai pada awal 2018. Diperkirakan proyek revitalisasi jalur kereta itu selesai pada akhir 2019, selambat-lambatnya pada 2020.

”Nanti waktu tempuh (Jakarta–Surabaya) hanya lima jam,” ujarnya. (bay/c6/fat)


Pemerintah terus berupaya meningkatkan pelayanan PT Kereta Api Indonesia untuk para pemudik. Apalagi jika proyek kereta cepat Jakarta–Surabaya


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News