Yang Ingin Pemekaran, Sabar Ya

Yang Ingin Pemekaran, Sabar Ya
Seluruh penggagas pembentukan DOB di wilayah Kaltara diminta lebih bersabar dan mengikuti prosedur pemekaran daerah. Foto: CHIKO/RADAR NUNUKAN/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Irianto Lambrie meminta para penggagas pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Krayan, untuk bersabar.

Diingatkan, meski di tingkat kabupaten telah memenuhi persyaratan, namun prosedur memekarkan wilayah yang berbatasan langsung dengan Sarawak, Malaysia ini, tetap harus terpenuhi.

“Sabar saja untuk daerah yang ingin dimekarkan, karena semua ada mekanismenya,” kata Irianto Lambrie, seperti diberitakan Radar Tarakan (Jawa Pos Group).

Menurutnya, aspirasi pemekaran daerah tidak hanya diputuskan di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara. Namun, harus berproses juga di Jakarta, dalam hal ini di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan DPR.

Ia jugamengungkapkan, sudah ada lima wilayah yang telah melakukan pengusulan DOB. Yakni, Sebatik, Kabudaya, Apau Kayan, Kota Bulungan dan Krayan.

“Keputusan terakhir ada di Pemerintah Pusat, jika semua telah selesai di tingkat kabupaten dan provinsi, bisa dilanjutkan ke tingkat lebih di atasnya lagi, namun harus sesuai mekenisme yang ada,” tambahnya.

Pemkab Nunukan telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) pembentukan DOB Kabupaten Krayan dan diserahkan langsung kepada tim presidium DOB Kabupaten Krayan.

Selanjutnya, diproses ke Pemprov dan DPRD Kaltara. Ada tujuh SK yang diterima tim presidium terkait persetujuan DOB Krayan.

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Irianto Lambrie meminta para penggagas pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Krayan, untuk bersabar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News