Jumat, 24 Oktober 2014 | 02:19:26
Home / Berita Daerah / Papua Barat / Ribuan Warga Papua Barat Tuntut Referendum

Rabu, 03 Agustus 2011 , 04:48:00

BERITA TERKAIT

MANOKWARI - Ribuan warga sipil Papua di Manokwari, Papua Barat, Selasa (8/2) turun ke jalan untuk menuntut referendum. Para peserta aksi itu meyakini bahwa referendum merupakan jalan tengah untuk menyelesaikan status politik Papua Barat.
   
Dari pantauan Radar Sorong (JPNN Group) Selasa (2/8), massa yang berasal dari beberapa kelompok perjuangan Papua Merdeka itu mulai bergerak dari Kantor Dewan Adat Papua di Jalan Pahlawan, Sanggeng. Sebelum turun ke jalan, beberapa orang sempat berorasi secara bergantian.
 
Cuaca panas tidak mengurangi semangat mereka untuk menggelar long march. Buktinya, sekitar pukul 11.00 WIT massa berjalan kaki hingga ke depan Pelabuhan Laut Manokwari melewati Jalan Yos Sudarso dan Jalan Merdeka. Massa kembali melewati Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Yos Sudarso hingga ke Jalan Trikora. Selanjutnya massa kembali menuju Panggung Penerangan yang terletak di Jalan Percetakan, Sanggeng.
    
dengan dikawal ketata aparat keamanan, di sepanjang jalan massa yang meneriakkan yel-yel “Papua Merdeka”. Beberapa aktivis Papua Merdeka berorasi secara bergantian. Isi orasinya adalah menuntut segera dilakukannya referendum. Mereka juga menyebut pemerintah telah banyak melakukan pelanggaran HAM terhadap warga sipil Papua.
  
Setelah berorasi di panggung penerangan, massa kemudian menyampaikan statement politik yang dikeluarkan Badan Pengurus Wilayah Komite Nasional Papua Barat Wilayah Manokwari. Ada enam poin statemen politik. Antara lain, pertama, memohon dukungan parlemen Eropa, IPWP, ILWP, dan diplomat OPM untuk menyelesaikan status politik melalui jalur hukum dan politik.
  
Kedua, seluruh rakyat Papua Barat memohon dukungan kepada  pemerintah Republik Vanuatu serta pemerintah negara-negara pasifik lainnya untuk membawa status politik Papua ke Mahkamah Internasional (ICJ). Ketiga, rakyat Papua Barat memohon dukungan pemerintah negara-negara Eropa dan negara-negara Afrika untuk membawa status politik Papua ke ICJ.
   
Keempat, rakyat Papua Barat memohon dukungan kepada pimpinan umat di seluruh dunia dan di Papua Barat untuk mendukung referendum bagi bangsa Papua. Kelima, rakyat Papua Barat memohon dukungan kepada lembaga-lembaga HAM untuk mendukung referendum bagi bangsa Papua di Papua Barat. Keenam, rakyat Papua barat mendukung KTT International oleh International Lawyers For West Papua (ILWP) sebagai jalan menuju Referendum bagi bangsa Papua.
 
Sementara itu seperti direncanakan sebelumnya, Dewan Adat Papua (DAP) wilayah Sorong Raya sejak pagi hingga siang kemarin  juga  menggelar aksi demo damai di Lapangan SMA YPK 2  Maranatha Remu.  Sedikitnya 1.500 massa yang adalah rakyat Papua ras Melanesia turut serta dalam demo akbar  yang digelar serentak di Papua dan Papua Barat.

Dalam aksi demo damai ini awalnya direncanakan, massa akan melakukan longmarch ke Kantor DPRD Kota Sorong di Km 10. Namun karena tidak mendapat ijin dari Polres Sorong Kota, akhirnya massa pun hanya orasi di tempat.(jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 25.06.2014,
        07:05
        nice penalty removal
        fChAk8 Very informative post.Really thank you! Want more. From mobile
      2. 22.08.2011,
        00:30
        Elly Nandotrai
        Jadikan Tuhan Yesus sebagai panglima perang. So pasti.... Skalipun ko hebat, ko pux senjata yg paling handal skalipun. Papua pasti merdeka dalam rancangan tangan Tuhan. B'diri s'diri atau tetap dlm NKRI adalah keputusan Tuhan... Kami mengagungkan Kebesaran-Mu..... sbab rancanganmu indah bagi tanah leluhur kami... Pusaka anak negeri Papua.....
      3. 10.08.2011,
        21:20
        IBO-DOU
        PAPUA PASTI MERDEKA....!!!
      4. 05.08.2011,
        07:02
        denalb
        Cepat atau lambat papua pasti lepas dari NKRI , Freedom West Papua.
      5. 03.08.2011,
        06:16
        ndi22
        Komunitas Masyarakat Papua Merauke (KMPM) Merah Putih Kecam dan Tolak Konferensi di London http://www.cenderawasihpos.com /index.php?mib=berita.de