SMP Swasta Terancam Tutup

Disdikpora Larang Tambah Rombel

SMP Swasta Terancam Tutup
SMP Swasta Terancam Tutup
CILACAP-Gedung SMP swasta di Kabupaten Cilacap diprediksi akan banyak yang mangkrak. Bahkan beberapa tahun  ke depan dipastikan akan banyak yang tidak mampu hidup jika sistem pendidikan di Cilacap tidak ditata, terutama terkait kuota siswa sekolah negeri.

“Hingga penutupan penerimaan siswa SMP negeri, SMP-SMP swasta yang ada di Cilacap banyak yang tidak mendapatkan siswa. Satu rombongan belajar pun tidak penuh. Ini yang akan membuat gedung SMP mangkrak,” ujar Ketua Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kabupaten Cilacap Rasmun Dwijowaskito.

Berdasarkan pengamatannya, penurunan siswa sekolah swasta ini  sudah terlihat sejak tiga tahun terakhir. Dalam rentang waktu ini, penurunan  siswa SMP swasta semakin tajam. Kalau dibiarkan, dalam beberapa tahun kedepan gedung-gedung SMP swasta akan mangkrak karena tidak mendapatkan siswa.

Menurut Rasmun dengan banyaknya SMP yang mangkrak dan tutup akan berakibat pada nasib ribuan guru dan tenaga administrasi yang berkarya di sekolah swasta. Angka pengangguran akan meningkat karena guru-guru swasta kehilangan mata pencahariannya.

CILACAP-Gedung SMP swasta di Kabupaten Cilacap diprediksi akan banyak yang mangkrak. Bahkan beberapa tahun  ke depan dipastikan akan banyak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News