Jalan Sudah Lebih Baik, Macet Tetap Belum Hilang

Jalan Sudah Lebih Baik, Macet Tetap Belum Hilang
Jalan Sudah Lebih Baik, Macet Tetap Belum Hilang
JUMLAH pemudik yang menggunakan jalur darat pada Lebaran tahun ini diperkirakan meningkat daripada sebelumnya. Yakni, dari 5,52 juta orang (2011) menjadi 5,59 juta (2012). Di antara jumlah itu, pemudik motor diprediksi meningkat 6,16 persen atau 2.514.634 juta unit jika dibandingkan dengan Lebaran sebelumnya, 2.368.720 unit.

Sementara itu, jumlah mobil pribadi yang digunakan untuk angkutan Lebaran diprediksi meningkat 5,6 persen, dari 1.5220.150 juta unit kendaraan (2011) menjadi 1.605.299 unit kendaraan (2012). Selain kendaraan pribadi, masyarakat bakal menggunakan 37.629 bus yang tersedia. Itu semua begerak dalam waktu dan tempat yang bersamaan sehingga kemacetan tak bisa dihindari.

"Mungkin masih akan ditemui kemacetan, terutama akibat pasar tumpah, lintasan sebidang (persinggungan rel kereta dengan jalan raya, Red), serta antrean di pom bensin dan lokasi wisata. Tetapi, kita akan berusaha meminimalkan itu," ujar Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Soeroyo Alimoesa yang ditunjuk sebagai ketua Tim Koordinasi Angkutan Lebaran kemarin.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, dari Jakarta, kemacetan biasanya terjadi mulai tol Cikampek. Untuk yang memilih jalur pantai utara (pantura), kemacetan biasanya terjadi di Jatisari, Sukamandi, Ciasem, hingga Patrol. Mengenai itu, Soeroyo mengatakan, petugas kepolisian bisa mengalihkan lalu lintas dari tol Cikampek menuju Purwakarta. "Mereka bisa melalui Subang, Kadipaten, langsung masuk tol Palimanan menuju Jawa Tengah," jelasnya.

JUMLAH pemudik yang menggunakan jalur darat pada Lebaran tahun ini diperkirakan meningkat daripada sebelumnya. Yakni, dari 5,52 juta orang (2011)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News