Es Kutub Mencair Tiga Kali Lebih Cepat

Es Kutub Mencair Tiga Kali Lebih Cepat
Es Kutub Mencair Tiga Kali Lebih Cepat
DAMPAK Dampak pemanasan global semakin terasa di Kutub Utara. Kemarin (30/11) Daily Mail mengutip pernyataan sejumlah pakar soal percepatan mencairnya lapisan es di Greenland dan Antartika. Jika dibandingkan dengan situasi pada 1990-an, kini pencairan lapisan es di kutub tiga kali lebih cepat.

 

Kabarnya, lapisan es kutub yang mencair itu cukup untuk menciptakan laut baru. Sejak 1992, mencairnya lapisan es kutub membuat ketinggian air laut bertambah lebih dari satu sentimeter.

Kontribusi tersebut merupakan seperlima di antara total penambahan ketinggian air laut sampai sekarang. Sebanyak 2/3 es yang mencair itu berasal dari Greenland dan sisanya dari Antartika. "Lapisan es Greenland menyusut signifikan," terang Ted Scambos, pakar dari National Snow and Ice Data Center, dalam jurnal ilmu pengetahuan Kamis lalu (29/11).

Meski sama-sama menyusut, lapisan es Kutub Utara jauh lebih cepat mencair dibandingkan Kutub Selatan. Salah satu alasannya, lapisan es di Kutub Utara lebih luas daripada Kutub Selatan.

DAMPAK Dampak pemanasan global semakin terasa di Kutub Utara. Kemarin (30/11) Daily Mail mengutip pernyataan sejumlah pakar soal percepatan mencairnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News