Sidang Isbat 1 Ramadan Digelar 8 Juli

Sidang Isbat 1 Ramadan Digelar 8 Juli
Sidang Isbat 1 Ramadan Digelar 8 Juli
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) sudah menetapkan bakal menggelar sidang isbat penetapan 1 Ramadan 1434 H/2013 pada 8 Juli nanti. Jika pada malam itu tim pemantau rukyah dapat melihat hilal atau bulan, berarti pemerintah menetapkan 1 Ramadan jatuh pada 9 Juli. Sebaliknya jika tidak melihat hilal, berarti 1 Ramadan dimulai pada 10 Juli.

 

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag) Abdul Jamil menuturkan, pemerintah menggelar sidang isbat mengacu pada dua pertimbangan. "Yakni pertimbangan hisab (perhitungan) dan pertimbangan rukyah (pengamatan bulan)," kata mantan rektor IAIN Wali Songo, Semarang itu, Selasa (2/7).

Menurut Jamil, sidang isbat ini diikuti oleh anggota Badan Hisab dan Rukyah (BHR) yang diketuai Menteri Agama. Dia menuturkan pemerintah menggunakan dua pertimbangan itu untuk mengakomodir keyakinan umat Islam.

"Kita tidak mempertimbangkan ormas. Tetapi murni mempertimbangkan umat. Karena yang berpuasa itu umat," katanya.

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) sudah menetapkan bakal menggelar sidang isbat penetapan 1 Ramadan 1434 H/2013 pada 8 Juli nanti. Jika pada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News