Kemendikbud Batal Undang Al Gore di WCF

Pasang Tarif Rp 3,5 Miliar, Dinilai Terlalu Mahal

Kemendikbud Batal Undang Al Gore di WCF
Kemendikbud Batal Undang Al Gore di WCF

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bakal menghelat kegiatan akbar bertajuk World Culture Forum (WCF) di Bali 24-27 November mendatang. Namun, sejumlah pembicara kaliber dunia batal menghadiri acara tersebut karena urusan fee yang selangit.

Di antara pembicara top dunia yang menjadi incaran Kemendikbud adalah Albert Arnold "Al" Gore. Kemendikbud memastikan batal menghadirkan pemerhati lingkungan sekaligus mantan wakil presiden AS ke-45 itu di WCF 2013 nanti. Alasannya, fee yang ditetapkan pihak Al Gore sangat tinggi. Yakni sekitar Rp 3,5 miliar rupiah.

Anggaran untuk menghelat WCF ini sempat jadi sorotan Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendikbud. Irjen Kemendikbud Haryono Umar mengatakan, anggaran untuk pos-pos tertentu dinilai berlebihan.

"Di antaranya itu tadi, untuk mengundang pembicara seminar. Sempat juga akan mengundang Kofi Annan," kata Haryono, Kamis (17/10).

Menurutnya, sebenarnya sah-sah saja mengundang pembicara asing dengan tarif tinggi. Tetapi karena anggaran untuk WCF ini dari APBN, maka panitia harus tunduk pada ketentuan yang berlaku. Yakni ketentuan plafon honor pemateri internasional.

Haryono tidak hafal persis berapa besar ketentuan plafon honor pemateri bertaraf internasional. "Yang jelas tidak sampai itu (Rp 3,5 miliar, red)," katanya.

Seandainya tetap memaksakan mengundang pemateri seminar dengan tarif di atas plafon tadi, Haryono mengatakan hal itu harus seizin Kementerian Keuangan. Haryono menegaskan, anggaran untuk kegiatan WCF sempat ramai dan menjadi bahan audit karena diduga akan menjadi bancakan EO pemenang tender.

Karenanya, tim Itjen menemukan solusi supaya anggaran itu tidak diselewengkan. Yakni dengan melibatkan tim dari BPKP (Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan) serta dari LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah). Dia berharap panitia WCF bisa beketasa baik degan tim dari BPKP maupun LKPP.

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bakal menghelat kegiatan akbar bertajuk World Culture Forum (WCF) di Bali 24-27 November

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News