PDIP Tolak Kada Dipilih DPRD

PDIP Tolak Kada Dipilih DPRD
Puan Maharani. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Fraksi Partai PDI Perjuangan, Puan Maharani, menyatakan penolakan fraksinya terhadap rencana mengembalikan pemilihan gubernur dan bupati/walikota oleh DPRD.

"Menolak diadakannya Pilkada kembali lagi ke DPRD. Dulu kan pilkada langsung supaya tidak ada money politic. Kenapa kita membuat keputusan berubah-ubah terus," kata Puan Maharani di gedung DPR, Jakarta, Selasa (12/2).

Menurutnya, tidak ada jaminan anggota DPRD yang menjadi perpanjangan tangan parpol akan menggolkan calon yang diunggulkan oleh parpol. Instruksi parpol agar mmeilih calon tertentu, bisa dicuekin anggota fraksi yang ada di dewan.

"Kalau kembali ke DPRD parpol bisa mengontrol bahwa anggotanya bisa memilih sesuai instruksi dari parpol untuk menggolkan satu calon yang diunggulkan pilkada, siapa bertanggung jawab kalau calon dipilih dari partai yang gak jelas dari mananya," kata Puan.

Dia memberi contoh, misal keputusan PDIP memenangkan calon tertentu tetapi anggota fraksi tidak mau memenangkan, malah memilih calon yang lain.

"Padahal parpol berperan serta dalam pemilu dan pilkada sampai turunannya," tandasnya. (Fat/jpnn)

 


JAKARTA - Ketua Fraksi Partai PDI Perjuangan, Puan Maharani, menyatakan penolakan fraksinya terhadap rencana mengembalikan pemilihan gubernur dan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News