Tak Ada yang Dicoret, Konvensi Tetap Sesuai Aturan

Tak Ada yang Dicoret, Konvensi Tetap Sesuai Aturan
Tak Ada yang Dicoret, Konvensi Tetap Sesuai Aturan

jpnn.com - JAKARTA - Konvensi Capres Partai Demokrat (PD) akan terus berlanjut tanpa pencoretan nama seorang pun dari 11 peserta.  Selain tidak ada pencoretan nama, komite juga tak akan mempercepat  pengumuman hasil konvensi.

Dengan demikian, maka ajang pemilihan  capres Partai Demokrat itu akan berjalan sesuai agenda.
    
Juru Bicara Komite Konvensi Hinca Panjaitan mengatakan, konvensi akan tetap berlangsung sesuai aturan yang sudah disepakati. Komite pun masih tetap menjalankan tugas sampai batas akhir yang sudah ditetapkan Majelis Tinggi Partai Demokrat.
    
“Artinya, tak akan ada pencoretan peserta, tapi berbeda jika ada peserta yang mundur. Selain itu, pencoretan terjadi hanya kalau ada peserta yang melanggar pakta integritas,” kata Hinca di Jakarta, Senin (10/2).
    
Terkait  usul dari elite PD yang berharap peserta konvensi dikerucutkan hingga tinggal dua peserta saja, maupun adanya permintaan agar penetapan pemenang konvensi diumumkan sebelum Pemilu Legislatif digelar 9 April 2014, menurut Hinca kedua permintaan itu sangat dipahami pihaknya karena memang logis.
    
”Kami memahami semua permintaan itu, karena ini membuktikan bahwa konvensi berhasil menarik perhatian publik.  Tapi menurut kami sebaiknya proses konvensi terus berjalan sesuai aturan yang ada,” papar mantan anggota Tim Ombusman Jawa Pos Grup ini.
    
Menurut dia, proses demokrasi membutuhkan kesabaran dan daya tahan untuk memastikan kualitas capres hasil konvensi PD memang yang terbaik dari yang terbaik.  Hinca meyakini kalau pada akhirnya hasil Konvensi PD akan memuaskan semua pihak.
    
”Dan yang jelas pemenang Konvensi PD akan melesat sebagai capres Demokrat untuk bersaing dengan capres lainnya,” pungkasnya.
    
Sebelumnya peserta konvensi Marzuki Alie berharap kandidat cukup dikerucutkan secara bertahap hingga akhirnya hanya tinggal dua peserta saja, sehingga  perhatian publik dapat terfokus kepada dua peserta itu.
    
Dia beralasan, kandidat capres sebanyak 11 peserta agak sulit lain hal kalau hanya dua peserta saja, sedangkan peserta yang gugur bisa mengalihkan dukungannya kepada kedua peserta yang masih bertahan itu.
    
Percepatan pengumuman hasil konvensi diusulkan Sekretaris Departemen Pertanian DPP Partai Demokrat Amal Alghozali. Dia  meminta Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat segera mengumumkan capres sebelum pileg. Permintaan itu merujuk pada hasil survei dari berbagai lembaga bahwa elektabilitas Partai Demokrat masih terus merosot hingga saat ini.
    
Usulan ini juga sejalan dengan isi pidato pengarahan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dalam setiap acara temu kader yang dihadiri para peserta konvensi capres Partai Demokrat di Jakarta, Bali dan Medan beberapa waktu lalu.
    
Amal mengutip isi pengarahan SBY kepada para kader Demokrat yang intinya adalah salah satu kelemahan Partai Demokrat dalam menghadapi pemilu 2014 adalah karena partai sampai saat ini belum memiliki calon presiden.    

Usulan Amal itu diapresiasi salah satu pengurus Partai Demokrat Mohammad Sukri.    

"Saya sangat setuju hasil konvensi itu segera diumumkan ke publik. Hasil konvensi ini kan sudah membumi. Masyarakat, khususnya para kader dan simpatisan, menunggu (segera ditetapkan capres) agar ada connecting antara pemenangan Pemilu Legislatif dan pemenangan Pemilu Presiden," ujarnya, Sabtu (8/2). (ind)


JAKARTA - Konvensi Capres Partai Demokrat (PD) akan terus berlanjut tanpa pencoretan nama seorang pun dari 11 peserta.  Selain tidak ada pencoretan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News