Jaksa Beber BAP Berisi Modus Emir Moeis Terima Fee

Jaksa Beber BAP Berisi Modus Emir Moeis Terima Fee
Jaksa Beber BAP Berisi Modus Emir Moeis Terima Fee

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Direktur Pacific Resources Inc (PRI), Pirooz Muhammad Sarafi menyebut anggota DPR RI, Emir Moeis pernah membantu konsorsium Alstom Power Inc memenangi tender proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tarahan, Lampung tahun 2004. Karena membantu Alstom, Emir mendapat imbalan sebesar USD 423.985.

Hal ini terungkap dalam berita acara pemeriksaan (BAP) atas Pirooz yang dibacakan dalam persidangan atas Emir di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (13/2). Pada persidangan itu, jaksa penuntut umum (JPU) KPK, Irene membacakan isi BAP bahwa Pirooz sekitar bulan Juli atau Agustus 2002 dihubungi David Roschild selaku perwakilan Alstom Power.

David bertanya apakah Pirooz bisa membantu Alstom untuk mendapatkan lelang proyek PLTU Tarahan. Alstom pun ikut proses tender setelah bergabung dalam konsorsium bersama Marubeni Incorporate Jepang.

Seperti dibacakan JPU dari BAP, Pirooz menyampaikan bahwa dirinya  bisa membantu David karena memiliki kenalan anggota dewan yang mengenal baik Direktur Utama PLN saat itu, Edi Widiono. "Saksi menyebut Emir adalah anggota DPR di Indonesia dan wakil ketua komisi energi yang saksi tahu merupakan teman SMA dari Edi Widiono, Dirut PLN," kata Jaksa Irene.

Dalam BAP itu juga disebutkan bahwa Pirooz bisa menggunakan jasa Emir untuk mempengaruhi proses seleksi lelang agar menguntungkan Alstom. Meski demikian, David merasa perlu membicarakannya terlebih dulu dengan orang-orang di Alstom.

"Kemudian saksi tahu dari David bahwa anak perusahaan Alstom lokal setuju bahwa melobi yang saksi usulkan agar bisa ikut serta dalam proyek Tarahan," ujarnya.

Setelah itu David melakukan pertemuan di kantor Emir pada tahun 2002. David mengaku terkesan dengan kemampuan Emir. Namun, David menyampaikan keterkejutannya kepada Pirooz, karena dalam pertemuan itu Emir langsung menanyakan keuntungan finansial untuk membantu Alstom  memenangi proyek PLTU Tarahan.

Alstom dan Marubeni sepakat menggunakan jasa perusahaan Pirooz, yaitu PT Pasific Resources Inc sebagai konsultan proyek secara lisan. Pasific akan mendapat fee 3 persen dari porsi Alstom dan Marubeni. "Dari komisi itu, saksi berniat membayarkan 1/3 ke Emir," ucap Pirooz dalam BAP.

JAKARTA - Presiden Direktur Pacific Resources Inc (PRI), Pirooz Muhammad Sarafi menyebut anggota DPR RI, Emir Moeis pernah membantu konsorsium Alstom

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News