SBY Tekankan Dukung Kemerdekaan Palestina

SBY Tekankan Dukung Kemerdekaan Palestina
SBY Tekankan Dukung Kemerdekaan Palestina

jpnn.com - JAKARTA - Untuk pertama kalinya sejak dilantik pada Juni 2013 lalu, Perdana Menteri (PM) Palestina YM Rami Hamdallah berkunjung ke Indonesia.

Kunjungan resmi tersebut diterima dengan hangat oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Merdeka, kemarin (28/2). Keduanya segera menggelar pertemuan bilateral membahas sejumlah isu, termasuk diantaranya dukungan Indonesia bagi kemerdekaan Palestina.

"Tadi (kemarin) telah dilaksankaan pertemuan bilateral yang produktif dengan tujuan meningkakan kerja sama dan kemitraan Indonesia-Palestina di masa depan, sebagimana diketahui hubungan bilateral kuat baik dan terus berkembang,"papar SBY dalam konferensi pers bersama PM Hamdallah usai pertemuan bilateral, kemarin.

SBY menguraikan ada tiga hal pokok yang dibahas, diantaranya menyangkut bidang politik, ekonomi dan hubungan antar manusia (people to people contact).

Di bidang politik, lanjutnya, pemerintah Indonesia akan berkomitmen terus memberikan dukungan bagi terwujudnya kemerdekaan Palestina.

"Indonesia menggarisbawahi komitmen bahkan langkah proaktif Indonesia, untuk mewujudkan negara palestina sebagai negara berdaulat dan merdeka. Itu posisi dasar Indonesia yang terus dijalankan sekarang dan ke depan. Indonesia akan berkontribusi untuk mencapai cita-cita itu,"tegas SBY.

Di bidang hubungan antar manusia, kata SBY, sejumlah kerjasama akan terus dilanjutkan. Diantaranya, kerjasama beasiswa dan kegiatan wisata religi.

Setidaknya sekitar 40 ribu WNI berkunjung ke Palestina. Di samping itu, dalam konteks kerjasama negara-negara Asia untuk pembangunan Palestina, Indonesia memiliki program capacity building berupa kerjasama pendidikan bagi warga Palestina di Indonesia.

JAKARTA - Untuk pertama kalinya sejak dilantik pada Juni 2013 lalu, Perdana Menteri (PM) Palestina YM Rami Hamdallah berkunjung ke Indonesia. Kunjungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News