Ingatkan Jokowi, Indonesia Timur Paling Tertinggal

Ingatkan Jokowi, Indonesia Timur Paling Tertinggal
Ingatkan Jokowi, Indonesia Timur Paling Tertinggal

jpnn.com - JAKARTA –  Kaukus Indonesia Timur Dewan Perwakilan Daerah meminta Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla lebih memperhatikan percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dari wilayah timur Indonesia.

Ketua Kaukus Indonesia Timur DPD Nono Sampono, mengatakan, pihaknya menunggu kerja cepat dan hasil yang efektif dari pemerintahan Jokowi-JK.

“Terutama dalam menangkap aspirasi pembangunan sehingga wilayah timur Indonesia dapat lebih berkembang,” kata Nono Sampono usai rapat bersama dengan sejumlah anggota DPD lainnya dari 13 provinsi wilayah timur Indonesia guna menyikapi isu yang berkembang terkait formulasi kabinet pemerintahan Jokowi-JK, Rabu (22/10).

Kaukus Indonesia Timur DPD RI mengingatkan agar Jokowi-JK dapat memperbaiki kinerja pemerintahan sebelumnya yang terasa belum optimal melakukan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dari masyarakat wilayah timur.

Nono mengatakan, kurangnya perhatian pemerintah pusat selama ini dapat dilihat dari masih banyaknya provinsi dan kabupaten yang tergolong sebagai daerah miskin atau tertinggal.

"Wilayah di Indonesia timur paling tertinggal. Predikat daerah tertinggal dan miskin paling banyak berada di wilayah timur kita ini,” kata Anggota DPD dari daerah pemilihan Maluku, tersebut.

Berdasarkan data Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, dari 183 daftar kabupaten daerah tertinggal 112 di antaranya berada di wilayah timur Indonesia. Daerah-daerah tertinggal itu tersebar di 13 provinsi yang di wilayah timur, terutama sejumlah kabupaten di Papua, Maluku, Nusa Tenggara dan Sulawesi.

Nono menegaskan, banyak dari daerah tertinggal itu merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, seperti dengan Papua Nugini, Australia atau Timor Leste.

JAKARTA –  Kaukus Indonesia Timur Dewan Perwakilan Daerah meminta Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla lebih memperhatikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News