Pemprov DKI Endus Pelanggaran di Kecelakaan Jembatan TIM

Pemprov DKI Endus Pelanggaran di Kecelakaan Jembatan TIM
Jembatan penghubung Gedung Arsip dan perpustakaan yang ambruk pada Jumat (31/10). Foto: Haritsah Almudatsir/Jawa Pos

jpnn.com - JAKPUS – Bukan hanya polisi yang terlibat dalam pengusutan ambruknya jembatan di area Taman Ismail Marzuki (TIM) Jumat (3/10). Inspektorat Pemprov DKI ternyata juga turun tangan. Maklum, proyek tersebut berada di bawah naungan Badan Perpustakaan dan Arsip Pemprov DKI. Karena itu, inspektorat akan meminta pertanggungjawaban dari Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip DKI Agus Suradika.

Inspektorat mengendus adanya kelalaian pada insiden tersebut. Sebab, jembatan yang telah direncanakan secara teknis itu tidak mungkin ambruk jika tidak ada kesalahan spek. Proyek tersebut diduga kuat tidak sesuai dengan perencanaan dan spesifikasi. Akibatnya, jembatan itu ambruk dan menewaskan empat pekerja serta melukai lima lainnya.

Kepala Inspektorat DKI Franky Mangatas Pandjaitan menjelaskan, pihaknya akan memeriksa dokumen rencana proyek tersebut. Pemeriksaan itu menjadi pintu masuk untuk menemukan kesalahan dalam pelaksanaan di lapangan.

"Dari dokumen itu, bisa ketahuan adanya pengurangan spek yang mengakibatkan jembatan ambruk," ujarnya.

Agus Suradika akan dipanggil setelah mantan wakil kepala dinas pendidikan itu diperiksa Polres Jakarta Pusat.

"Sekarang kan masih ditangani polres. Jadi, kami periksa dokumennya dulu. Tapi, kami akan menjadwalkan pemanggilan yang bersangkutan," jelasnya.

Franky juga terkejut saat diberi tahu bahwa para pekerja proyek tidak mendapat jaminan asuransi keselamatan kerja. Menurut dia, asuransi keselamatan kerja itu merupakan salah satu syarat untuk mengikuti tender. Hal tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah No 70 Tahun 2012 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah.

"Sambil menunggu hasil pemeriksaan polisi, semuanya akan kami periksa. Yang jelas, seharusnya para pekerja itu terdaftar," kata Franky.

JAKPUS – Bukan hanya polisi yang terlibat dalam pengusutan ambruknya jembatan di area Taman Ismail Marzuki (TIM) Jumat (3/10). Inspektorat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News