PT Transjakarta Ingin Percepat Pengadaan Bus Berbahan Bakar Diesel

PT Transjakarta Ingin Percepat Pengadaan Bus Berbahan Bakar Diesel
Transjakarta. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - PT Transportasi Jakarta berencana mempercepat pengadaan bus-bus baru, terutama yang berbahan bakar diesel. Hal ini dilakukan untuk mengganti bus-bus yang sudah tidak layak jalan atau yang harus diperbaiki dalam jangka waktu cukup lama.

"Berdasarkan statistik, bus-bus berbahan bakar diesel memang relatif jarang sekali mengalami risiko terbakar," ucap Direktur Utama PT Transjakarta Antonius NS Kosasih dalam keterangan tertulis, Senin (20/7).

Untuk bus berbahan bakar gas yang baru, Kosasih mengatakan, PT Transjakarta saat ini hanya berani melakukan pegadaan bus BBG yang sudah terbukti aman dioperasikan di negara lain. Salah satu yang menjadi contoh adalah Inggris.

"Kami belajar dari pengalaman bahwa di London pun peristiwa bus BBG articulated terbakar terjadi beberapa kali sehingga pemerintah kota London pun menyeleksi bus-bus mereka secara ketat. Sebagian mereka ganti dengan bus diesel, sebagian yang masih menggunakan BBG harus dilengkapi dengan piranti fire suppression yang baik karena bus BBG rentan over-heating" tuturnya.

Kosasih menjelaskan, PT Transjakarta akan menerapkan Planned Maintenance System serta Pencatatan Data Historis terhadap seluruh armada di internal Transjakarta dan operator. Dengan begitu, perawatan terhadap bus tidak lagi dimanfaatkan untuk mencari keuntungan. (gil/jpnn)

JAKARTA - PT Transportasi Jakarta berencana mempercepat pengadaan bus-bus baru, terutama yang berbahan bakar diesel. Hal ini dilakukan untuk mengganti


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News