Pak Jokowi.. Tolong Bantu Urus Visa Haji

Pak Jokowi.. Tolong Bantu Urus Visa Haji
Pak Jokowi.. Tolong Bantu Urus Visa Haji

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR, Khatibul Umam Wiranu, memberi kritik tajam terkait karut marutnya pengurusan visa haji yang berujung pada penundaan keberangkatan jamaah calon haji (JCH). 

Dia meminta Presiden Joko Widodo ikut turun tangan menyelesaikan persoalan ini agar permasalahan cepat beres.

"Kami Meminta Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sebagai atasan dari Menteri Agama untuk turun tangan mengatasi kasus visa, karena Kemenag sudah terbukti tidak mampu menyelesaikan masalah ini,' kata Khatibul di gedung DPR Jakarta, Senin (24/8).

"Jangan sampai persoalan visa ini tidak dapat teratasi dan mengakibatkan calon jamaah haji gagal berangkat ke tanah suci," imbuh dia. 

Politikus Demokrat itu menyebut pemerintah agar tak mengkambinghitamkan mekanisme pembuatan visa dari manual ke elektronik (e-haj). 

Itu karena pemerintah Arab Saudi sudah menginformasikan jauh-jauh hari soal perubahan sistem dari manual ke elektronik, bahkan sebelum pelaksanakan ibadah haji 2014.

"Ini artinya pemerintah sudah mengetahui apa yang harus dipersiapkan, dilakukan, dan dibereskan untuk menerapan sistem elektronik pada penyelenggaraan haji 2015, termasuk juga tahu, seluruh komponen penyelenggaraan haji harus diselesaikan dengan sistem e-haj baru visa turun," jelasnya. (fat/jpnn)


JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR, Khatibul Umam Wiranu, memberi kritik tajam terkait karut marutnya pengurusan visa haji yang berujung pada penundaan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News