Mukernas PKS Kokohkan 70 Program Nyata Untuk Bangsa

Forum ini sekaligus memanaskan mesin politik jelang Pilkada serentak

Mukernas PKS Kokohkan 70 Program Nyata Untuk Bangsa
Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - DEPOK – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ke-4 pada 3-4 November 2015. Dalam musyawarah lima tahunan ini, PKS akan menyusun 70 program pelayanan untuk bangsa dan negara.

Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman mengatakan, program-program tersebut terbingkai dengan tema PKS Berkhidmat untuk Rakyat. "Ada 70 program yang nanti ada pengayaan di Mukernas,” ujar Sohibul Iman sebelum membuka Mukernas di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat, Selasa (3/11).

Sohibul mengatakan, Mukernas itu sebagai tindak lanjut dari Musyawarah Nasional (Munas) yang digelar September 2015 lalu. Pada Munas, lanjut dia, telah dihasilkan 9 amanat Munas dan 39 cakupan amanat Munas yang meliputi bidang politik, sosial, hukum, pendidikan, dan budaya.

“Mukernas ini sebagai turunan dari Munas. Amanat yang dihasilkan Munas, lalu diterjemahkan ke dalam program-program kerja nyata melalui Mukernas," jelas Sohibul Iman.

Oleh karena itu, tema Mukernas kali ini masih sama dengan Munas, yaitu Berkhidmat untuk Rakyat. Tema besar PKS ini, ujar mantan Wakil Ketua DPR itu, sesuai dengan visi besar PKS untuk menjadikan partai sebagai kontributor peradaban, pelopor pelayanan, pemberdayaan, dan pembelaan; good party governance; dan bersih, peduli dan profesional.

Lebih lanjut, Kang Iman melanjutkan, program-program kerja nyata PKS dibagi ke dalam enam cluster, antara lain cluster kebijakan publik, cluster penguatan kader dan struktur, cluster pusat khidmat PKS, cluster penyerapan aspirasi, dan cluster pengelolaan partai yang baik (good party governance).

Pusat khidmat PKS merupakan formula PKS untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, bangsa dan negara. Dia mencontohkan, Pos Wanita Keadilan (Pos WK) dan Rumah Keluarga Indonesia (RKI) yang sudah dibentuk muslimah PKS untuk memberikan pelayanan di bidang perempuan dan ketahanan keluarga masyarakat.

Mukernas ke-4 juga menjadi forum bagi PKS untuk memanaskan mesin politik jelang digelarnya Pilkada serentak pada Desember 2015 mendatang. Dalam Mukernas tersebut, PKS akan mengundang seluruh calon kepala daerah yang diusung untuk melakukan konsolidasi dan menandatangani pakta integritas Pilkada.

DEPOK – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ke-4 pada 3-4 November 2015. Dalam musyawarah lima tahunan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News