Dokter Internship Digaji Sangat Murah

Dokter Internship Digaji Sangat Murah
Ketum PB IDI dr Zainal Abidin MHKes. Foto: dok.Jawa Pos

jpnn.com - KASUS meninggalnya dr Dionisius Giri Samudra menarik perhatian publik. Bukan hanya soal keprihatinan atas meninggalnya pria yang akrab dipanggil dokter Andra itu, namun juga membuka pemahaman soal program dokter internship.

Internship adalah program bagi dokter yang sudah menyelesaikan studinya, untuk meningkatkan kemahiran atau kompetensinya. Bagaimana sikap Ikatan Dokter Indonesia (IDI) terhadap program internship? Berikut pernyataan Ketua Umum PB IDI dr Zainal Abidin MHKes kepada wartawan JPNN Mesya Mohamad, Minggu (15/11).

Internship itu sebenarnya‎ program siapa sih Dok?

Itu program pemerintah yang diperuntukkan bagi dokter yang telah menyelesaikan studinya. Setelah disumpah sebagai dokter, mereka diwajibkan mengikuti internship selama setahun. Tujuannya agar dokter lebih mahir dan kompetensinya meningkat. Kalau ada yang salah tafsir tentang dokter intership, itu karena program ini hanya dicantolkan dalam UU Pendidikan Tenaga Dokter. Bila tidak dicantolkan, maka anggarannya ini tidak ada.

Internship harus ditempatkan di daerah terpencil?

Internship itu sebenarnya paling bagus dua tahun, seperti di Malaysia yang program dokter magangnya dua tahun. Satu tahun di wilayah perdesaan, setahunnya di perkotaan. Di Indonesia dibuat setahun karena‎ orangtua yang menyekolahkan anaknya ingin anaknya begitu menyandang status dokter bisa langsung bekerja. Bisa dimaklumi karena biaya pendidikan dokter itu sangat mahal, setiap satu semester sekitar Rp 80 juta per orang. Di Malaysia, bisa dua tahun karena pendidikan dokternya ditanggung negara.

Karena cuma setahun, maka dipilihlah daerah perdesaan yang penduduknya banyak tapi tenaga kesehatannya sedikit. Kalau penduduknya sedikit, otomatis dokter internship tidak bisa mahir-mahir dan kompetensinya tidak meningkat. Ketika sudah setahun, dokternya malah tidak ahli. Nah ini yang dihindari pemerintah. Biasanya penempatannya atas permintaan pemda yang membutuhkan tenaga dokter‎, Kemenkes kemudian mengatur wilayah magang dokternya.

Jadi internship itu wajib bagi dokter muda yang baru lulus kuliah?

KASUS meninggalnya dr Dionisius Giri Samudra menarik perhatian publik. Bukan hanya soal keprihatinan atas meninggalnya pria yang akrab dipanggil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News