APP dan Yayasan Belantara Restorasi Lahan Terdegradasi

APP dan Yayasan Belantara Restorasi Lahan Terdegradasi
Program restorasi lahan terdegradasi oleh Asia Pulp and Paper (APP) bersama dengan Yayasan Belantara. Foto: ist for JPNN.com

jpnn.com - SIAK – Asia Pulp and Paper (APP) bersama dengan Yayasan Belantara melanjutkan lagi program restorasi dan perlindungan terhadap Cagar Biosfer Giam Siak Kecil, di Siak, Riau.

Program restorasi hutan 24 hektar ini direkomendasikan oleh Profesor Akira Miyawaki, dari Universitas Yokohama Jepang. 

Pada tahun 2015 yang lalu, area yang terdegradasi tersebut telah ditanami sekitar 10,000 bibit Shorea sp (dipterocarpaceae) atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama Meranti.

Yayasan Belantara merupakan  yayasan independen yang awalnya dibentuk oleh APP untuk mengelola pendanaan dalam mendukung berbagai program konservasi di lansekap Sumatra dan Kalimantan.

Program yang didalamnya termasuk upaya restorasi lahan terdegradasi dengan menanam bibit Meranti Pirang (shorea leprosula), rencananya akan difokuskan di lahan seluas sekitar 6.000 hektar di area Giam Siak Kecil. 

Menandai dimulainya program ini, Sekertaris Daerah Siak HT. Said Hamzah, secara simbolis menanam bibit pohon meranti pirang (shorea leprosula) di area seluas 0,8 hektar di kawasan arboretum milik PT Arara Abadi di distrik Rasau Kuning, Perawang, Propinsi Riau.

Turut serta dalam acara ini yaitu Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Minas Tahura, Ir. Fredrik Suli, MM; pendiri Japan Agency for Environmental Business, Mitsunori Kamiya; Direktur Eksekutif Great Forest Wall Project, Makoto Nikkawa; Perwakilan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau; Manajer Proyek International Tropical Timber Organization (ITTO) Bidang Reforestasi & Pengelolaan Hutan, Dr. Ma Hwan Ok; serta Tan Ui Sian dari APP Jepang. 

"Upaya ini merupakan perwujudan komitmen dari APP Sinar Mas untuk melaksanakan kebijakan konservasi hutan yang dicanangkan sejak tiga tahun silam. Niatan ini perlu kerjasama berbagai pihak, baik mitra lokal kami di Riau, maupun mitra internasional lainnya. Kehadiran mitra dari Jepang ini membuktikan  pasar Jepang sangat menghargai komitmen yang dilakukan APP selama ini," kata Direktur Komunikasi Global APP Sinar Mas yang juga Chairman APP Jepang, Tan Ui Sian. 

SIAK – Asia Pulp and Paper (APP) bersama dengan Yayasan Belantara melanjutkan lagi program restorasi dan perlindungan terhadap Cagar Biosfer

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News