Pak Kades Ikut Komplotan Maling

Pak Kades Ikut Komplotan Maling
Tiga pelaku pembobol Aisa Mart di Dusun Balong, Donoharjo, Ngaglik, Sleman yang ditangkap jajaran Reskrim Polsek Ngaglik. Foto: Bahana/Radar Jogja

jpnn.com - SLEMAN – Jajaran Reskrim Polsek Ngaglik di Kabupaten Sleman, Yogyakarta menangkap tiga pelaku pembobol Aisa Mart di Dusun Balong, Donoharjo, Ngaglik, Sleman. Yang mengejutkan, salah seorang pelakunya diketahui masih menjabat kepala desa aktif di Wirogaten, Mirit, Kebumen, Jawa Tengah.

Kasus itu terungkap ketika polisi membekuk otak pencurian, Haryadi alias Cipluk warga Juminahan, Tegal Panggung, Dunurejan. Berdasar pengembangan penyidikan, Cipluk mengaku dibantu oleh dua orang lainnya asal Kebumen, Jawa Tengah.

Dua orang pelaku itu adalah Muhadis (38) yang tercatat sebagai kades di Wirogeten, Kebumen, serta  Puji Priyanto. Keduanya  ditangkap di rumah masing-masing di Dusun Wirogaten.

Dari pengakuan Muhadis, ia melakukan tindak kriminal itu dengan alasan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Padahal, selama tiga tahun menjabat sebagai kepala desa, berbagai fasilitas didapatkan seperti gaji di atas satu juta serta tanah bengkok seluas 5 hektar.”Uang dipakai untuk kebutuhan sehari-hari,” ujar Muhadis lirih sebagaimana dikutip Radar Jogja.

Sementara Riyanto menyebut Muhadis merupakan residivis atas kasus pencurian di wilayah Kebumen. Atas perbuatannya, pelaku menjalani hukuman selama 4 bulan.

Ternyata selama menjalani masa penahanan di Polres Kebumen, Muhadis bertemu Cipluk. Dari pertemuan itulah keduanya terus menjali komunikasi hingga menjalankan aksi pencurian di wilayah Sleman.

Kompol Riyanto menambahkan, ketiga pelaku sudah merencanakan aksi pencurian di wilayah Sleman. Bahkan, Cipluk yang merupakan warga Jogja ini sempat indekos di kawasan Drono, Ngaglik, Sleman.

Tujuan Cipluk indekos adalah untuk menggambar suasana di sekitar toko yang akan jadi sasaran. “Sebelum menjalankan aksi, Cipluk melakukan survei tiga kali untuk melakukan pemetaan,” terangnya.

SLEMAN – Jajaran Reskrim Polsek Ngaglik di Kabupaten Sleman, Yogyakarta menangkap tiga pelaku pembobol Aisa Mart di Dusun Balong, Donoharjo,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News