10 Caleg DPR RI Dapil XI Jabar Diprediksi Lolos ke Senayan

10 Caleg DPR RI Dapil XI Jabar Diprediksi Lolos ke Senayan
Direktur Eksekutif lembaga Studi Demokrasi Rakyat (SDR) Hari Purwanto memprediksi 10 Caleg yang akan lolos ke Senayan pada Pemilu 2024. Foto: dokpri for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif lembaga Studi Demokrasi Rakyat (SDR) Hari Purwanto memprediksi 10 Caleg DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) XI Jawa Barat yang akan lolos ke Senayan pada Pemilu 2024.

Dia memyebutkan ketatnya persaingan untuk menuju kursi anggota DPR di dapil tersebut meliputi Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya melalui Pemilu 2024 berlangsung sangat dinamis. 

Hari menjelaskan Dapil XI Jabar banyak diisi oleh caleg-caleg dengan latar belakang tokoh, artis, mantan istri menteri, istri wakil bupati, petahana sampai dengan pendatang baru.

Dia memprediksi dari berbagai narasumber di daerah dan sumber data lembaga survei nasional menunjukkan jumlah presentase dan potensi perolehan suara yang dominan di dapil tersebut seperti Muhammad Husein Fadhlulloh dari Partai Garindra, H. Subarna dari Partai Gerindra.

Selain itu, Hari meyakini Dony Muryadi Oekon dari PDIP, Hj. Nurhayati dari PPP, dan Hj. Siti Mufattahah dari Partai Demokrat, Hj. Ferdiansyah dari Golkar yang berpotensi terpilih kembali sebagai anggota dewan RI untuk 2024-2029 dari Dapil XI Jabar.

Hari menjelaskan bahwa dari beberapa hasil survei yang dia amati untuk potensi perolehan suara untuk partai dan para caleg di dapil tersebut menghasilkan jumlah presentasi dan indikasi jumlah proyeksi suara yang menunjukan persaingan yang sangat ketat antara caleg petahana dan caleg baru. 

"Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, PPP dan Pdip masih berpotensi mendominasi untuk jumlah kursi petahana yang dapat dipertahankan. Partai Gerindra mungkin akan turun menjadi dua kursi dan Partai Golkar yang di prediksi akan menambah jumlah kursi menjadi dua," kata Hari dalam keterangannya, Minggu (7/1).

"Partai lain yang berpotensi meloloskan calegnya ke Senayan adalah PKB, PAN, PKS, Nasdem melalui caleg - caleg baru nya," tambah Hari.

Direktur Eksekutif lembaga Studi Demokrasi Rakyat (SDR) Hari Purwanto memprediksi 10 Caleg DPR RI yang akan lolos ke Senayan pada Pemilu 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News