10 Kapal Vietnam Curi Ikan di Natuna

10 Kapal Vietnam Curi Ikan di Natuna
10 Kapal Vietnam Curi Ikan di Natuna
BATUAMPAR - Ditpolair Mabes Polri yang mengerahkan tiga kapal patrolinya, Bisma 520, Puyuh 647, serta Antasena 509 berhasil menggiring dan mengamankan sepuluh kapal kayu berbendera Vietnam yang menangkap ikan secara ilegal di perairan Natuna.

Penangkapan tersebut, didapat dari informasi warga Natuna yang sudah lama mengeluhkan adanya kapal asing yang masuk perairan Natuna dan mencuri ikan. "Sebenarnya kita menangkap 10 kapal asing. Namun satu kapal belum sampai kita giring ke Batam, sudah tenggelam duluan di perairan Natuna. Tenggelamnya satu kapal asing tersebut bukan karena kita serang. Melainkan memang kondisi kapalnya sudah rusak parah," Wakil Direktorat Polair Mabes Polri sekaligus yang memimpin penangkapan, Kombes Satria F Maseo.

Beruntung, saat kapal tersebut tenggelam, para ABK dari Vietnam sebelumnya bisa dievakuasi ke kapal patroli Mabes Polri. Operasi penangkapan sampai menggiring sembilan kapal ke Batam ini, kata Satria, membutuhkan waktu lima hari. Rabu (28/9) pukul 21.30 WIB sembilan kapal asing ini baru tiba di pelabuhan Macobar Batuampar Batam.

Namun, seluruh kapal asing berbendera Vietnam yang diamankan tersebut, semuanya dilengkapi alat penunjuk arah (GPS). Sehingga mereka tak tak akan tersesat dan tahu dimana laut yang terdapat ikan yang banyak.

BATUAMPAR - Ditpolair Mabes Polri yang mengerahkan tiga kapal patrolinya, Bisma 520, Puyuh 647, serta Antasena 509 berhasil menggiring dan mengamankan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News