12 Provinsi Disiapkan Hadapi Bencana Gunung Api Terburuk

12 Provinsi Disiapkan Hadapi Bencana Gunung Api Terburuk
12 Provinsi Disiapkan Hadapi Bencana Gunung Api Terburuk

jpnn.com - JAKARTA - Belum semua pemerintah daerah siap menghadapi bencana gunung api di Indonesia menunjukkan jika belum semua Pemerintah daerah siap menghadapi bencana.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memutuskan menggilir bimbingan perencanaan kontijensi khusus bencana gunung api di semua daerah.

Rangkaian bimbingan itu dimulai BNPB di Jawa Timur, yakni di Kabupaten Probolinggo. Kabupaten tersebut bakal terkena imbas utama jika gunung Semeru mengalami erupsi.

"Kami banyak belajar dari pengalaman menangani erupsi gunung Sinabung dan Kelud," terang Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Rencana kontijensi akan dibuat sedetail mungkin. Terutama, untuk mengantisipasi pergerakan masyarakat saat terjadi erupsi. Semua peralatan, jalur evakuasi, titik-titik lokasi pengungsian, hingga kebutuhan logistik pengungsi harus langsung siap begitu erupsi terjadi.

Jika potensial ada aliran lava pijar maupun lahar hujan, maka sungai-sungai yang ditentukan sebagai tempat penampungan harus sudah siap. Begitu pula dengan pengamanan perkampungan oleh aparat Polri dan TNI. Aparat harus sudah memetakan kampung mana saja yang perlu pengamanan sehingga bisa langsung bergerak manakala erupsi terjadi.

Selain itu, sosialisasi terhadap masyarakat harus dilakukan terus menerus.

"Geladi dan sosialisasi berperan penting untuk menyiapkan pemda dan masyarakat untuk menghadapi kondisi terburuk," lanjut peneliti senior BPPT itu.

JAKARTA - Belum semua pemerintah daerah siap menghadapi bencana gunung api di Indonesia menunjukkan jika belum semua Pemerintah daerah siap menghadapi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News