20 Juta Warga Kesulitan Air Minum

Ancaman Bencana Kekeringan di Tiongkok

20 Juta Warga Kesulitan Air Minum
20 Juta Warga Kesulitan Air Minum
BEIJING- Data statistik yang diluncurkan Komando Penanggulangan Banjir dan Kekeringan Negara Tiongkok, kekeringan melanda 6,45 juta hektar lahan garapan masyarakat. Jumlah bertambah 1,8 juta hektare dibandingkan data rata-rata dalam bberapa tahun terakhir ini. Yang lebih mengkhawatirkan, lebih dari 20,43 juta warga mengalami kesulitan air minum.

 

Pejabat dari Komando Penanggulangan Kekeringan Negara, Wan Qunzhi menyebutkan bahwa angka warga yang kesulitan air minum itu hampir 2,7 kali lipat dari data rata-rata untuk masa yang sama. Saat ini, kata dia, pemerintah tiongkok berupaya keras untuk menanggulangi ancaman bencana kekeringan yang melanda negara tersebut.

"Menanggapi kondisi kekeringan dewasa ini, pihak terkait sudah berkali-kali berkonsultasi dan tepat pada waktunya mengadakan pengaturan menurut perkembangan situasi penanggulangan bencana kekeringan. Komando Penanggulangan Bencana Kekeringan Negara sudah mengirim 15 grup kerja dan tim ahli ke daerah bencana di bagian barat daya dan bagian utara untuk melakukan penanggulangan bencana," jelas sperti dilansir China Radio International (CRI).

Ditambahkan, pemerintahan Tiongkok sudah mengalokasi RMB155 juta (sekitar Rp240 miliar) sebagai dana subsidi penanggulangan bencana kekeringan. Sementara itu, pemerintah di daerah bencana sudah mengerahkan jutaan orang dalam penanggulangan bencana.

BEIJING- Data statistik yang diluncurkan Komando Penanggulangan Banjir dan Kekeringan Negara Tiongkok, kekeringan melanda 6,45 juta hektar lahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News