JPNN.com

200 Ribu Lampu PJUTS Segera Menerangi Ratusan Kabupaten di Tanah Air

Minggu, 28 Februari 2021 – 13:59 WIB
200 Ribu Lampu PJUTS Segera Menerangi Ratusan Kabupaten di Tanah Air - JPNN.com
Ilustrasi pemasangan lampu PJU tenaga surya. Foto: dok for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Lampu penerangan jalan menjadi sarana utama bagi warga guna memudahkan beraktivitas dan menjaga keamanan.

Seiring dengan program Nawacita, pemerintah meningkatkan fasilitas penerangan jalan di 18 provinsi tanah air. 

Lampu penerangan yang menggunakan tenaga surya, atau Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) ini rencananya akan disebar di 104 Kabupaten dan 3 kota.

Di antaranya provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Barat, Banten, Nusa Tenggara Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Ternate dan lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Menurut rencana, pemasangan PJUTS itu dilaksanakan di pedesaan seperti jalan desa, fasilitas umum dan daerah yang dianggap sangat rawan kejahatan dan kecelakaan.

PT Diaz Biro Persada akan mendahulukan pemasangan penerangan di titik seperti Puskesmas, Kantor Desa dan Rumah Sakit serta tempat ibadah yang belum ada penerangan jalannya. 

"Mengenai jumlah unit lampu PJUTS yang akan dipasangkan itu berdasarkan dari kebutuhan desa tersebut. Jumlah titik yang akan dipasangkan untuk lampu PJUTS sebanyak 200.000 titik," kata Site Manager PT Diaz Biro Persada Jasmansyah dalam keterangan tertulisnya, Minggu.

Pelaksanaan pemasangan lampu PJUTS itu akan memakan waktu setahun, pada tahun anggaran 2021-2022, dan akan dibagi dalam tiga tahapan guna memudahkan proses pengerjaan dan pengawasannya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...