2010, Pangsa Ekspor Indonesia Tembus 1 Persen

Didukung Naiknya Surplus Penjualan Gas USD 1,5 Miliar

2010, Pangsa Ekspor Indonesia Tembus 1 Persen
2010, Pangsa Ekspor Indonesia Tembus 1 Persen
JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan RI, Mahendra Siregar mengatakan, Indonesia telah mampu dan berhasil meningkatkan pangsanya sebagai eksportir di dalam peta perdagangan dunia. "Pada masa krisis global, ekspor Indonesia justru mengalami peningkatan pangsa pasar di pasar dunia. Hal ini dapat dilihat pada tahun 2008 pangsa Indonesia masih di bawah 1 persen, sedangkan pada tahun 2009 pangsa Indonesia sudah mencapai angka 1 persen,” ujar Mahendra ketika menggelar konferensi pers mengenai kinerja ekspor dan impor Indonesia di Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (7/4).

Menurutnya, hal ini mengindikasikan bahwa Indonesia telah memiliki kesempatan yang semakin besar di saat negara-negara lain masih mengalami masalah dalam mengembalikan kinerja ekspornya. “Kita harus meningkatkan momentum itu pada tahun 2010, karena pada tahun 2011 sebagian besar negara –negara lainnya juga diprediksikan akan pulih kembali,” terangnya.

Lebih jauh, Mahendra mengatakan, mengenai surplus neraca perdagangan di bulan Februari 2010, Indonesia mengalami peningkatan hingga mencapai 49,5 persen apa bila dibandingkan dengan 2009. "Pada Februari 2010, surplus yang dialami oleh Indonesia sebesar USD 1,7 miliar dan terdiri dari non migas sebesar USD 1,6 miliar dan migas sebesar USD 0,1 miliar,” jelasnya.

Selain itu Mahendra menambahkan, peningkatan surplus tersebut juga didorong oleh kenaikan surplus di sektor non migas yang naik USD 1,3 miliar dan surplus penjualan gas yang naik sebesar USD 1,5 miliar. (cha/jpnn)
Berita Selanjutnya:
Smart Lanjutkan Produksi CPO

JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan RI, Mahendra Siregar mengatakan, Indonesia telah mampu dan berhasil meningkatkan pangsanya sebagai eksportir


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News