2011, Kemdiknas Terapkan Kurikulum Pendidikan Bencana

2011, Kemdiknas Terapkan Kurikulum Pendidikan Bencana
2011, Kemdiknas Terapkan Kurikulum Pendidikan Bencana
JAKARTA - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh menerangkan bahwa Kemdiknas akan menerapkan kurikulum pendidikan becana pada tahun 2011 mendatang. Menurutnya, penerapan kurikulum ini bertujuan agar para siswa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang tepat, untuk dapat menyelamatkan diri saat terjadinya bencana.

"Pada prakteknya, pendidikan ini tidak langsung dimasukkan ke dalam mata pelajaran atau kurikulum khusus bencana, tetapi dimasukkan ke dalam mata pelajaran terkait. Sehingga, mereka (siswa) nantinya akan mampu dan turut serta dalam mengurangi resiko bencana," ungkap Mendiknas, di kampus Sekolah Tinggi Perikanan, Pasar Minggu, Jakarta, Senin (1/11).

Mata pelajaran yang nantinya akan disisipkan dengan pendidikan bencana tersebut, disebutkan Mendiknas, antara lain adalah IPA, IPS, Sains, Bahasa Indonesia, Matematika, serta Agama. "Pendidikan bencana ini akan diterapkan pada jenjang pendidikan sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA)," jelasnya.

Pada mata pelajaran IPA dan Geografi, kata M Nuh, siswa akan mendapatkan pengetahuan tentang gempa tektonik dan vulkanik. "Siswa diharapkan tidak hanya memahami, tetapi mempunyai kompetensi," ujarnya.

JAKARTA - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh menerangkan bahwa Kemdiknas akan menerapkan kurikulum pendidikan becana pada tahun 2011 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News