2011, Pemerintah Sediakan DAK Perumahan Rp 500 Miliar

Fiskal Terbatas, Pemda Kesulitan Sediakan Perumahan Warganya

2011, Pemerintah Sediakan DAK Perumahan Rp 500 Miliar
Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa. Foto : Humas Kemenpera
JAKARTA - Pemerintah pusat lewat Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) mengalokasikan dana alokasi khusus (DAK) 2011 untuk perumahan sebesar Rp500 miliar. Dana yang akan diajukan untuk tahun anggaran 2011 ini demi membantu kesulitan fiskal Pemda.

"Terus terang saja saya tidak yakin kalau pemda mau menyediakan rumah bagi rakyatnya. Alasan pamungkasnya satu, keterbatasan fiskal," kata Menpera Suharso Monoarfa di sela-sela rakornas perumahan rakyat di Hotel Sahid, Rabu (14/4).

Itu pula sebabnya, Kemenpera menempuh kebijakan baru berupa pengajuan DAK perumahan. Selama ini, penyediaan rumah tidak masuk dalam DAK. Akibatnya banyak daerah yang tidak menjalankan fungsinya dan pusatlah yang bergerak. "Dengan adanya DAK ini tidak ada alasan lagi bagi daerah untuk tidak menyediakan perumahan murah bagi masyarakat," tegasnya.

Dalam alokasi DAK, masing-masing daerah kabupaten/kota mendapatkan dana Rp6,6 miliar. Karena keterbatasan anggaran, hanya 80 daerah yang lebih dulu mendapatkan DAK untuk tahun depan.

JAKARTA - Pemerintah pusat lewat Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) mengalokasikan dana alokasi khusus (DAK) 2011 untuk perumahan sebesar Rp500

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News