2012, Bio Farma Produksi Vaksin Flu Burung

2012, Bio Farma Produksi Vaksin Flu Burung
2012, Bio Farma Produksi Vaksin Flu Burung
JAKARTA— PT Bio Farma (Persero) siap memproduksi dua vaksin pada tahun 2012. Direktur Utama Bio Farma Iskandar menyebutkan, dua vaksin itu adalah pentavalent dan vaksin untuk flu burung.

“Pentavalent sangat mendesak untuk Indonesia. Karena, sudah lebih dari 180 negara menggunakan vaksin ini dan tinggal Indonesia yang penduduknya banyak belum menggunakannya,” tukasnya. Untuk tahap awal, Bio Farma akan memproduksi 20 persen dari kebutuhan atau 800.000 vaksin. “Kita berharap ini bisa dipakai di Indonesia, kemudian tahun depan meningkat,” tukasnya.

Ditambahkan Iskandar, pengadaan vaksin tersebut tergantung kemampuan pemerintah, meskipun nanti akan ada bantuan dari  GAVI (Global Alliance for Vaccine and Immunization). “Mudah-mudahan kita bisa melaksanakan dengan mulus. Ini harus cepat, supaya kita bisa sama dengan negara-negara lain,” ujarnya.

Sedangkan vaksin flu burung, dikatakan Iskandar, pihaknya sudah siap memproduksi pada 2012. “Riset sudah dilakukan sejak 2006. Kalau sendirian kita tidak akan selesai. Untuk vaksin ini, Bio Farma melakukan transfer teknologi dengan Jepang. Proses ini memakan waktu lebih dari empat tahun,” tuturnya.

JAKARTA— PT Bio Farma (Persero) siap memproduksi dua vaksin pada tahun 2012. Direktur Utama Bio Farma Iskandar menyebutkan, dua vaksin itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News