23 TKI Alami Gangguan Jiwa

Di Antara 40 Orang yang Dirawat di RS Polri

23 TKI Alami Gangguan Jiwa
23 TKI Alami Gangguan Jiwa
JAKARTA - Cerita sedih para TKI yang bekerja di luar negeri tak pernah ada habisnya. Saat ini sedikitnya 40 TKI dirawat di RS Polri Kramat Jati karena berbagai penyakit. Di antara jumlah tersebut, 23 orang mengalami gangguan jiwa. Sisanya, 17 orang, mengalami kecelakaan kerja. Mereka sebagian besar bekerja di Timur Tengah.

Para TKI yang sakit karena kecelakaan kerja itu, misalnya, Siti Rokiyah, asal Indramayu, Jabar. Perempuan yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Jordania tersebut menderita patah kaki karena terjatuh dari lantai 2 saat membersihkan kaca balkon apartemen majikannya. Dia kini mengalami lumpuh.

Kemudian, ada Omah, asal Indramayu, yang bekerja di Arab Saudi. Dia juga terjatuh dari lantai 2 rumah majikannya. Kini kaki Omah digips. Lain lagi derita yang dialami Siti Aminah, asal Cirebon, yang bekerja di Suriah. Dia disiksa majikannya hingga kaki patah dan terluka di paha.

Menakertrans Muhaimin Iskandar saat mengunjungi para TKI yang sakit di RS Polri kemarin mengatakan, selama ini kasus-kasus yang merugikan TKI sering menimpa mereka yang berangkat secara ilegal dan TKI transit yang berada di kawasan Timur Tengah. Kebanyakan modus yang digunakan ialah TKI dikirim secara resmi ke suatu negara, kemudian dikirim lagi ke negara lain secara ilegal. 

JAKARTA - Cerita sedih para TKI yang bekerja di luar negeri tak pernah ada habisnya. Saat ini sedikitnya 40 TKI dirawat di RS Polri Kramat Jati karena

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News