24 dari 75 Pegawai KPK Dapat Dibina Sebelum Diangkat jadi ASN, 51 Lainnya?

24 dari 75 Pegawai KPK Dapat Dibina Sebelum Diangkat jadi ASN, 51 Lainnya?
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Alexander Marwata mengungkapkan bahwa 24 dari 75 pegawai KPK yang sebelumnya tak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) masih dimungkinkan untuk dibina sebelum diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Menurut mantan hakim ad hoc tindak pidana korupsi itu, hal tersebut berdasarkan pemetaan dari para asesor.

"Dari hasil pemetaan asesor, kami sepakati bersama dari 75 orang itu dihasilkan bahwa ada 24 pegawai yang masih dimungkinkan untuk dibina sebelum diangkat menjadi ASN," kata Alexander Marwata saat jumpa pers di Gedung Badan Kepegawaian Negara (BKN) Jakarta, Selasa (25/5).

Dia menambahkan 24 pegawai tersebut akan mengikuti pendidikan dan pelatihan bela negara dan wawasan kebangsaan. Menurutnya, sebelum mengikuti pendidikan diwajibkan menandatangani kesediaan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan.

“Selesai pendidikan dan pelatihan wawasan kebangsaan dan bela negara, kalau tidak lolos, yang bersangkutan tidak bisa diangkat jadi ASN," ungkap Alexander.

Dia menjelaskan bahwa 51 pegawai KPK lainnya tidak memungkinkan untuk dibina. Sebab, ujar Alexander menegaskan bahwa mereka tidak bisa bergabung lagi dengan KPK.

"Sebanyak 51 orang ini kembali lagi dari asesor itu warnanya dia bilang sudah merah dan tidak memungkinkan untuk dilakukan pembinaan," ungkap sosok yang karib disapa Alex itu.

KPK, kata Alex, sangat memahami bahwa pegawainya harus berkualitas sehingga lembaganya terus berusaha membangun sumber daya manusia (SDM) yang memenuhi beberapa aspek.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyatakan 24 dari 75 pegawai KPK yang sebelumnya tidak lolos TWK masih dimungkinkan dibina sebelum diangkat menjadi ASN. Sementara, 51 pegawai lainnya sudah tidak bisa lagi bergabung dengan KPK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News