24 Instansi Pemerintah Ini Jadi Pilot Project Penilaian Penerapan Manajemen Talenta ASN, Ini Daftarnya

24 Instansi Pemerintah Ini Jadi Pilot Project Penilaian Penerapan Manajemen Talenta ASN, Ini Daftarnya
PNS. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 24 instansi pemerintah ditunjuk menjadi proyek percontohan penilaian penerapan Manajemen Talenta ASN.

Puluhan instansi tersebut dijadikan sebagai proyek percontohan karena memiliki Indeks Sistem Merit berkategori sangat baik pada 2020.

Asisten Deputi Manajemen Karier dan Talenta SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Aba Subagja mengatakan, pemilihan 24 instansi pemerintah ini sebagai permulaan untuk memperbaiki manajemen talenta di instansi tersebut dan kemudian untuk memiliki rencana suksesi.

"Prinsipnya adalah memperkuat instansi pemerintah yang sistem meritnya sudah berjalan dengan sangat baik,” kata Aba Subagja dalam Sosialisasi SE MenPAN-RB No. 10/2021 tentang Penilaian Penerapan Manajemen Talenta ASN pada Instansi Pemerintah, di Jakarta, Kamis (20/5).

Lebih lanjut dijelaskan, keberadaan manajemen talenta ASN memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan pelaksanaan sistem merit.

Seperti tercantum pada PP No. 11/2017 tentang Manajemen PNS, Manajemen Talenta ASN menjadi salah satu kriteria dari sistem merit.

Kebijakan terkait implementasi manajemen talenta pun didukung oleh PermenPAN-RB No. 3/2020 tentang Manajemen Talenta ASN dan diperkuat dengan SE Menteri PANRB No. 10/2021. 

“Manajemen Talenta ASN menjadi jantung dari sistem merit. Sehingga kalau instansi pemerintah sudah menjalankan Manajemen Talenta ASN dengan baik, seharusnya sistem meritnya pun bagus,” lanjut Aba.

Sebanyak 24 instansi pemerintah ditunjuk menjadi proyek percontohan penilaian penerapan Manajemen Talenta ASN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News