259 CPNS Kabupaten PPU Menjalani Tes Kesehatan

259 CPNS Kabupaten PPU Menjalani Tes Kesehatan
Kepala BKPSDM Kabupaten Penajam Paser Utara, Khairuddin (ANTARA/Novi Abdi-Bagus Purwa)

jpnn.com, PENAJAM - Sebanyak 259 calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021 di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang lulus seleksi menjalani tes kesehatan jasmani dan rohani. 

Tes kesehatan untuk 259 CPNS yang lulus seleksi digelar di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung Kabupaten PPU pada 12 sampai 19 Januari 2022. 

“Sebanyak 259 CPNS atau CASN (calon aparatur sipil negara) itu sudah dinyatakan lolos berdasarkan hasil ujian seleksi kompetensi dasar dan seleksi kompetensi bidang," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten PPU Khairuddin di Penajam, Jumat (14/1).

Pemeriksaan kesehatan terhadap CASN tersebut bakal menentukan lulus tidaknya peserta diangkat menjadi PNS  atau aparatur sipil negara atau aparatur sipil negara (ASN). 

Dia menuturkan apabila dalam pemeriksaan CPNS terindikasi sebagai pengguna narkoba, maka pengangkatan sebagai ASN berpotensi dibatalkan.

"Selain bebas narkoba, hasil tes kesehatan fisik maupun psikologi CPNS juga dievaluasi dan kalau saat tes kesehatan tidak fit bisa diulang," ucapnya.

Sementara, untuk CASN yang lolos tes kesehatan jasmani dan rohani, langsung dilaporkan kepada Badan Kepegawaian Negara atau BKN untuk mendapatkan nomor induk pegawai (NIP).

"Setelah tahapan selesai, maka CASN akan ditempatkan sesuai formasi,"  ujarnya. 

259 CPNS 2021 di Kabupaten PPU yang lulus seleksi, menjalani tes kesehatan jasmani dan rohani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News