Kepala LAN: Jangan Sampai Ada Pungutan Liar Terhadap Peserta Latsar CPNS

Kepala LAN: Jangan Sampai Ada Pungutan Liar Terhadap Peserta Latsar CPNS
Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Adi Suryanto saat membuka kegiatan Sosialisasi Perubahan Kebijakan Pelatihan Dasar CPNS di Kantor LAN, Jakarta, Rabu (12/1/2022). ANTARA/HO-Humas LAN.

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Adi Suryanto mengimbau mewaspadai adanya pungutan liar dalam pelatihan dasar (latsar) calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Dia menegaskan bahwa pelaksanaan latsar CPNS sudah menjadi tanggung jawab instansi terkait, dan dibiayai oleh negara. 

“Jadi, jangan sampai terjadi pungutan liar terhadap peserta latsar,” kata Adi Suryanto berdasar keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (12/1).

Adi menyampaikan imbauan itu saat membuka kegiatan Sosialisasi Perubahan Kebijakan Pelatihan Dasar CPNS yang diselenggarakan secara hybrid di Kantor LAN, Jakarta, Rabu.

Adi mengatakan kewaspadaan terhadap pungli itu, juga merupakan wujud komitmen LAN dan lembaga pelatihan agar semua CPNS dapat mengikuti latsar. 

Menurut dia, apabila terdapat masalah di lapangan, maka hal tersebut dapat langsung dikoordinasikan dengan LAN, untuk dicarikan penyelesaian sesuai ketentuan yang berlaku. 

Adi Suryanto juga mendorong LAN mengembangkan kurikulum pelatihan, metode pembelajaran, bahkan bahan-bahan ajar agar menjadi lebih adaptif dan menarik sebagaimana para CPNS yang berasal dari kelompok milenial.

"Beberapa tahun belakangan, kami merekrut CPNS milenial yang dinilai lebih melek teknologi. Maka, kami perlu melakukan pengembangan kurikulum, metode pembelajaran, serta bahan ajar yang lebih adaptif dan menarik," katanya.

Kepala LAN Adi Suryanto mengimbau mewaspadai adanya pungutan liar dalam latsar CPNS.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News