27 Pengprov Teqball Diharapkan Perbanyak Gelar Kejuaraan Daerah

27 Pengprov Teqball Diharapkan Perbanyak Gelar Kejuaraan Daerah
Para pengurus Rakernas POTSI di Hotel Atlet Century Senayan Jakarta, Jumat (9/6). Foto: Dok POTSI

jpnn.com, JAKARTA - Olahraga teqball di Indonesia makin berkembang seiring bertambahnya jumlah pengurus provinsi (pengprov) di Tanah Air. Saat ini, jumlah pengprov teqball di Indonesia sudah mencapai 27 provinsi. 

Mereka diharapkan menggelar berbagai kejuaraan di daerah sesering mungkin untuk mencetak atlet andal. Apalagi, Indonesia juga bersiap mengirimkan atlet teqball mengikuti ajang Asian Indoor and Martial Arts (AIMAG) 2023 di Thailand pada November mendatang.

"Kami berharap 27 provinsi yang ada ini bisa menggelar kejuaraan daerah dengan baik. Dari situ, atlet terbaik dari masing-masing daerah akan diadu dulu lewat seleksi nasional. Pemenangnya akan dipanggil untuk menjalani pelatnas, dari situ siapa yang terbaik akan memperkuat Timnas Teqball Indonesia di ajang AIMAG," ujar Plt Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Teqball Seluruh Indonesia (PP POTSI/INATEQ) Jovinus Calvin Legawa di sela Rakernas POTSI di Hotel Atlet Century Senayan Jakarta, Jumat (9/6).

Calvin mengakui perkembangan olahraga teqball di Indonesia sangat bagus. Terlebih, teqball Indonesia bisa membawa pulang dua medali perak pada pertandingan eksebisi SEA Games 2023 Kamboja dari nomor tunggal putra dan tunggal putri. 

Keberhasilan ini juga disampaikan Calvin dan kawan-kawan kepada Federasi Teqball Internasional (FITEQ) yang bermarkas di Hungaria, beberapa waktu lalu.

"Saat kunjungan ke kantor pusat di Hungaria, kita memberikan laporan secara terperinci, mulai dari seleksi nasional sampai dengan hasil dari SEA Games Kamboja kemarin. Cabang teqball sudah dipertandingkan walau masih eksebisi. Dengan waktu yang sangat singkat, Indonesia sudah mampu berprestasi," ungkap Calvin yang didampingi Sekjen PP POTSI/INATEQ Susan Soebakti.

Pihaknya juga berharap kepada FITEQ agar ke depan Indonesia bisa dipercaya menggelar Kejuaraan Asia atau event internasional lain. 

Selain itu, kunjungan POTSI/INATEQ ke Hungaria juga bertujuan untuk meminta bantuan pelatih asing untuk melatih para atlet teqball Indonesia. Pihaknya menanyakan, apakah nantinya pelatih asing yang hadir di Indonesia atau para atletnya yang akan dikirim ke Hungaria. Apalagi, pihaknya juga memiliki cita-cita teqball Indonesia mampu berjaya di SEA Games 2025 Thailand. 

Olahraga teqball di Indonesia makin berkembang seiring bertambahnya jumlah pengurus provinsi (pengprov) di Tanah Air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News