3 Bulan Disidang, Wako Masih Aktif

3 Bulan Disidang, Wako Masih Aktif
3 Bulan Disidang, Wako Masih Aktif
JAKARTA - Aturannya, kepala daerah/wakil kepala daerah yang sudah berstatus terdakwa harus dinonaktifkan. Faktanya, Walikota Medan Abdillah dan Wakilnya, Ramli Lubis, yang sudah disidang di pengadilan tipikor sejak akhir Mei 2008, hingga kini belum juga dinonaktifakan. Tapi, ini bukan salah Mendagri Mardiyanto yang punya kewenangan mengeluarkan Surat Keputusan (SK).

SK penonaktifan itu akan dikeluarkan bersamaan dengan penunjukan nama Penjabat (Pjs) Walikota Medan. Sementara, menurut Juru Bicara Depdagri Saut Situmorang, Mendagri Mardiyanto baru menerima usulan nama-nama calon Pjs Walikota Medan pada 22 Juli 2008 lalu.

Surat usulan dari Gubernur Sumut Syamsul Arifin sendiri tertanggal 21 Juli 2008. Yang lebih parah lagi, berkas usulan itu sendiri belum lengkap. Lampiran yang sangat penting justru belum disertakan. Yakni keterangan dan nomor register dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atau Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang menyatakan bahwa Walikota Medan Abdillah dan Wakilnya, Ramli Lubis, telah berstatus terdakwa.

Juru Bicara Depdagri Saut Situmorang menjelaskan, karena Depdagri baru menerima surat Gubernur Sumut pada 22 Juli lalu, maka saat ini tahapannya di Depdagri baru sebatas mempelajari berkas usulan itu. Setelah dilihat berkasnya, ternyata ada yang belum lengkap.

JAKARTA - Aturannya, kepala daerah/wakil kepala daerah yang sudah berstatus terdakwa harus dinonaktifkan. Faktanya, Walikota Medan Abdillah dan Wakilnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News