3 Kementerian yang Layak Dijabat Sosok Filantropis

3 Kementerian yang Layak Dijabat Sosok Filantropis
Figur Filatropis dibutuhkan untuk memimpin Kementerian Sosial yang menagani masalah seperti bencana alam dan kemiskinan. JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Sosiolog dari Universitas Negeri Jakarta, Komaruddin Sahid mengatakan ada tiga kementerian layak dijabat orang yang memiliki sifat filantropi. Dengan berdasarkan cinta kasih terhadap sesama manusia dan jauh dari sifat kerakusan memperkaya diri, kementerian-kementerian ini akan bisa memberikan pengabdian yang tulus kepada rakyat.

Ketiga kementerian yang dimaksud adalah Kementerian Sosial, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, atau Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat.

"Kenapa seorang filantropis harus diberi kesempatan untuk masuk pemerintahan, karena memang seorang filantropis adalah orang yang punya dedikasi tinggi untuk membantu sesamanya," kata Komaruddin di Jakarta, Selasa (26/8).

Selain memiliki dedikasi yang tinggi, sosok filantropis kata Komaruddin rela merogoh koceknya sendiri, selain piawai dalam menggalang dana dari pihak lain untuk kegiatan kemanusiaan. Tak kalah penting, dia juga punya jaringan, dan punya kemampuan menggerakan pihak lain untuk ikut membantu mengulurkan tangan.

"Kemampuan-kemampuan itulah yang dibutuhkan oleh Kementerian Sosial. Sehingga kementerian ini, benar-benarbisa menjangkau kaum dhuafa atau mereka yang terlilit masalah sosial. Meski anggaran negara untuk program sosial dan kemanusiaan begitu terbatas," katanya.

Komaruddin sendiri mengaku bersyukur karena kabinet yang akan disusun oleh Joko Widodo-Jusuf Kalla melibatkan publik. Dengan begitu kata dia, publik diberikan ruang untuk berpartisipasi untuk ikut mengusulkan calon-calon menteri.

"Jokowi sering mengatakan bahwa figur yang akan diposisikan adalah figur profesional, tetapi tentu saja bukan sekadar profesional di bidangnya, tetapi harus profesional sesuai bidang tugas kementerian yang  didudukinya. Nah inilah kesempatan, mengisi Kemensos dengan orang yang tepat," katanya.

Tapi, kata Komaruddin, sebelum kabinet disusun, harus lebih dulu memahami peran, tugas dan fungsi kementerian, sebelum memilih figur yang sesuai. Dari peran, tugas dan fungsi inilah muncul kriteria untuk masing-masing kementerian yang menjadi dasar penetapan menteri dari berbagai calon yang ada.

JAKARTA - Sosiolog dari Universitas Negeri Jakarta, Komaruddin Sahid mengatakan ada tiga kementerian layak dijabat orang yang memiliki sifat filantropi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News