3 Penanganan Asma pada Orang Dewasa

3 Penanganan Asma pada Orang Dewasa
Ilustrasi saat terserang asma.

jpnn.com - Penyakit asma umumnya ditandai dengan peradangan pada saluran pernapasan dalam jangka waktu panjang (kronis).

Kondisi ini bisa ditandai dengan munculnya mengi atau bengek, kesulitan bernapas, rasa sesak pada dada, dan batuk. Gejala-gejala tersebut umumnya juga disertai hambatan pada saluran pernapasan.

Pada orang dengan asma, biasanya saluran napasnya menjadi sensitif secara berlebihan terhadap pemicu asma yang umumnya dapat ditemukan dalam lingkungan hidup sehari-hari. 

Akibatnya, terjadi peradangan pada saluran pernapasan yang sering kali ditandai dengan pembengkakan, kemerahan, juga produksi lendir yang berlebihan.

Apabila tidak mendapat penanganan dengan baik, saluran napas penderita asma dapat mengalami remodelling, yakni gangguan pada saluran napas yang umumnya disebabkan oleh munculnya jaringan parut.

Apabila sudah terjadi, kinerja obat-obat asma bisa jadi kurang efektif.

Pada dasarnya, tujuan penanganan asma adalah untuk mengontrol gejala, mengurangi resiko kekambuhan, memperbaiki keterbatasan pada laju udara pernapasan, serta mengatasi efek samping (apabila muncul) dari pengobatan.

Penanganan asma dapat sukses apabila ada kerjasama yang baik antara penderita asma dan tenaga kesehatan yang mengobatinya.

Pada orang dengan asma, biasanya saluran napasnya menjadi sensitif secara berlebihan terhadap pemicu asma yang umumnya dapat ditemukan dalam lingkungan hidup sehari-hari.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News