3 Provinsi Baru Terbentuk, Pemerintah Siapkan Payung Hukum Pemilu

3 Provinsi Baru Terbentuk, Pemerintah Siapkan Payung Hukum Pemilu
Menko Polhukam Mahfud MD bicara payung hukum pemilu menyusul terbentuknya 3 provinsi baru. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD menyebut pemerintah bakal menyiapkan payung hukum tentang pemilu menyusul terbentuknya tiga Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua.

"Sedang dipertimbangkan payung hukumnya," kata Mahfud MD kepada wartawan pada Senin (4/7).

Mantan Ketua MK itu mengatakan payung hukum tentang pemilu tersebut untuk mengisi anggota legislatif di tingkat DPR dan provinsi pada tiga DOB di Papua.

Sebab, pengesahan RUU DOB membuat Indonesia memiliki tiga provinsi baru, yakni Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

"Intinya soal keterisian wakil legislatif di pusat dan daerah-daerah pemekaran berdasar pemilu. Itu saja yang pokok dan yang lain-lain biasanya muncul sendiri pada saat yang pokok sudah disepakati," tutur Mahfud.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia menyebut anggaran Pemilu 2024 bakal bertambah setelah pemekaran tiga provinsi di Papua.

"Iya, potensi bertambah, institusinya, kan, bertambah," kata Doli ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (30/6).

Menurut dia, ada tiga KPU dan bawaslu tingkat provinsi yang wajib dibentuk menyusul disahkannya tiga RUU DOB di Papua.

Mahfud MD menyebut pemerintah bakal menyiapkan payung hukum tentang pemilu menyusul terbentuknya tiga provinsi baru hasil pemekaran di Papua. Anggarannya?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News