33 Lokasi Raih Penghargaan Program Kampung Iklim Tahun 2018

33 Lokasi Raih Penghargaan Program Kampung Iklim Tahun 2018
Menteri LHK Siti Nurbaya saat membuka kegiatan Hari Aksi Pengendalian Perubahan Iklim (HAPPI) Tahun 2018, di Jakarta. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Penanganan perubahan iklim merupakan upaya kolektif masyarakat bersama, bukan semata melalui proses negosiasi antara negara maju dan negara berkembang di tingkat internasional.

Selain itu, yang lebih penting adalah menerapkan pengendalian perubahan iklim menjadi aksi nyata hingga ke tingkat tapak.

Salah satu upaya KLHK mendorong partisipasi aktif masyarakat dan pihak terkait dalam adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yaitu melalui Program Kampung Iklim (ProKlim).

Tahun ini, KLHK memberikan penghargaan ProKlim kepada 33 lokasi yang memenuhi kriteria sebagai ProKlim Utama dan 1 lokasi ProKlim Lestari.

Selain itu, penghargaan diberikan juga kepada 10 Pemerintah Daerah Provinsi, dan 41 Kabupaten/Kota yang telah mengeluarkan kebijakan, dan peraturan di  2018 untuk mendukung pelaksanaan ProKlim di wilayahnya.

“Kepada Pemerintah dan Pemerintah Daerah, saya minta untuk terus melakukan fungsi pembinaan dan pendampingan langsung kepada pelaksana ProKlim, berkolaborasi dengan berbagai pihak pendukung, sebagai penerjemahan arahan Bapak Presiden bahwa negara harus hadir di tengah masyarakat,” kata Menteri LHK Siti Nurbaya, saat membuka kegiatan Hari Aksi Pengendalian Perubahan Iklim (HAPPI) Tahun 2018, di Jakarta.

Menteri Siti juga menyampaikan apresiasi kepada Kepala Daerah yang telah menindaklanjuti kebijakan Pemerintah Nasional melalui langkah nyata pelaksanaan program pengendalian perubahan iklim di wilayah kerjanya.

Ke depan, pemerintah dan pemerintah daerah diharapkan dapat mengintegrasikan perubahan iklim dalam dokumen rencana pembangunan yang komprehensif, dengan mempertimbangkan tingkat kerentanan dan kondisi lokal.

KLHK menerapkan pengendalian perubahan iklim menjadi aksi nyata hingga ke tingkat tapak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News