35 Pohon Tumbang, Jakarta Macet Total

35 Pohon Tumbang, Jakarta Macet Total
35 Pohon Tumbang, Jakarta Macet Total
JAKARTA - Hujan lebat yang  disertai angin kencang mengguyur sebagian wilayah Jakarta Rabu (16/3) siang mengakibatkan pohon tumbang dan kemacetan lalulintas yang sangat parah. Menurut data sementara yang diperoleh dari Dinas Pertamanan dan Pemakaman (Distamkam) DKI Jakarta tercatat ada sekitar  35 pohon tumbang dan dua pohon sempal (patah) di wilayah Jakarta Selatan.

Kepala Distamkam DKI Jakarta, Catharina Suryowaty, di Jakarta, menjelaskan saat ini pihaknya masih terus mendata jumlah pohon tumbang akibat sapuan angin kencang itu. "Datanya memang belum lengkap. Namun ada sekitar 35 pohon," kata Catharina kepada wartawan di Jakarta, Rabu (16/3). Peristiwa pohon tumbang terjadi diantaranya di kawasan Jl Pakubowono sebanyak dua pohon, Jl Trunojoyo 4 pohon, Jl Pattimura 4 pohon, Jl Gunawarman 4 pohon, Jl Ciragil 4 pohon, Jl Senopati 1 pohon, dan Jl Raden Fattah sebanyak 2 pohon.

Menurut Catharina, ke-35 pohon yang tumbang dan dua pohon yang sempal,  sudah ditangani Distamkam DKI bersama dengan Sudintamkam wilayah Jakarta Selatan. Dengan cara mengangkut dan meminggirkan pohon ke tepi jalan agar tidak mengganggu arus lalu lintas.

''Kita utamakan untuk meminggirkan badan pohon yang tumbang ke pinggir jalan. Karena kalau tidak diangkat pasti akan menimbulkan kemacetan yang parah. Untuk sementara ini, langkah itu yang kita lakukan. Yang penting lalu lintas jalan lancar terlebih dahulu,'' ujarnya. Chatarina juga menjamin bahwa semua pohon yang tumbang,  akan diganti dengan pohon yang baru dan lebih kuat untuk menahan angin kencang. Sebab, pohon yang tumbang ini merupakan pohon yang sudah tua, sehingga akar pohon tidak sanggup menahan tiupan angin kencang.(aj/jpnn)


JAKARTA - Hujan lebat yang  disertai angin kencang mengguyur sebagian wilayah Jakarta Rabu (16/3) siang mengakibatkan pohon tumbang dan kemacetan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News