4 Alternatif untuk Mengatasi Gejala Sakit Mag pada Ibu Hamil

4 Alternatif untuk Mengatasi Gejala Sakit Mag pada Ibu Hamil
Ibu hamil. Foto Ilustrasi

jpnn.com - Selama masa kehamilan, ibu hamil kerap mengalami mual dan muntah. Kondisi ini sebenarnya normal terjadi, tapi bisa juga tanda mag atau dispesia. Lalu jika ternyata ibu hamil mengalami mag, bolehkah minum obat mag untuk mengatasinya?

Akibatnya, ibu hamil akan mudah mengalami gejala mag seperti mual, muntah, perut kembung atau begah, rasa cepat kenyang, sering serdawa, dan nyeri ulu hati. Ini bisa terjadi pada usia kehamilan berapa pun, tetapi paling sering dikeluhkan terjadi pada usia kehamilan 27 minggu ke atas.

Alternatif lain untuk mengatasi gejala mag pada ibu hamil
Selain dengan mengonsumsi obat, sebenarnya ada beberapa cara lain untuk mengurangi mual akibat mag yang dialami oleh ibu hamil, yaitu:

1. Makan porsi kecil tetapi sering

Makan dalam porsi besar akan memperlambat pengosongan lambung dan memparah gejala mual. Karena itu, alih-alih makan tiga kali sehari, sebaiknya ibu hamil makan enam kali sehari tetapi dalam porsi yang lebih sedikit. Dengan demikian, saluran cerna akan mengolah makanan tersebut secara perlahan.

2. Perbanyak asupan protein

Saat gejala mag menyerang, hindari konsumsi makanan tinggi lemak dan gula karena hanya akan memperburuk keluhan. Perbanyak asupan protein seperti daging, ikan, tahu, dan tempe dalam menu harian.

3. Jangan berbaring setelah makan

Gejala mag memang mengganggu terutama bila dialami saat hamil. Meski begitu, ibu hamil tetap harus berhati-hati ketika minum obat mag. Terapkan juga tips di atas untuk mencegah dan mengatasi gejala mag.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News