JPNN.com

Ini Deretan Makanan yang Perlu Dihindari Selama Masa Kehamilan

Rabu, 28 Agustus 2019 – 19:05 WIB Ini Deretan Makanan yang Perlu Dihindari Selama Masa Kehamilan - JPNN.com

jpnn.com - Ada banyak mitos dan fakta mengenai kehamilan yang beredar di tengah masyarakat. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui dengan pasti mana yang mitos dan mana yang fakta.

Deretan makanan yang perlu Anda hindari selama masa kehamilan?
Selain durian, ada beberapa makanan lain yang juga perlu Anda hindari selama masa kehamilan, antara lain:

  • Daging dan sayuran mentah karena berpotensi menularkan kuman toksoplasma yang dapat menyebakan infeksi pada mata dan otak janin.
  • Ikan dengan kandungan merkuri tinggi seperti ikan hiu, makerel, tuna besar, dan ikan-ikan besar lainnya. Kandungan merkuri tinggi bisa berbahaya bagi perkembangan sistem saraf janin. 
  • Telur mentah karena mengandung kuman Salmonella yang dapat menyebabkan masalah saluran cerna pada ibu hamil.
  • Susu segar yang belum dipasteurisasi karena berpotensi mengandung berbagai kuman, salah satunya adalah kuman TBC yang terdapat pada sapi, sehingga dapat meningkatkan risiko terjadinya TBC usus.
  • Kopi secara berlebih karena konsumsi kafein berlebih dapat mencetuskan keguguran pada kehamilan muda akibat efek kontraksi rahim yang dapat ditimbulkannya. Akan tetapi, satu cangkir kopi per hari masih aman dikonsumsi oleh ibu hamil.
  • Alkohol karena berpotensi menimbulkan kelainan bawaan pada janin.

Nah, kini Anda telah mengetahui fakta bahaya durian bagi kehamilan, meski tidak terbukti bisa sampai menyebabkan keguguran. Namun tidak hanya durian, ternyata banyak makanan lain yang juga perlu Anda hindari selama masa kehamilan karena berpotensi mengganggu proses kehamilan dan berdampak buruk terhadap janin.(MS/RVS/klikdokter)

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...