4 Kiat Agar Badan Tetap Fit Selama Puasa Ramadan

4 Kiat Agar Badan Tetap Fit Selama Puasa Ramadan
Badan lemas (ilustrasi). Foto: Volodymyr-Melnyk/123rf

jpnn.com - Bulan Ramadan mewajibkan seluruh umat Muslim di dunia untuk berpuasa, tidak makan dan minum selama kurang lebih 13 jam. Tentunya ini bukan hal yang mudah, apalagi bila Anda memiliki segudang aktivitas.

Bila tidak melakukan persiapan dengan baik, tubuh tentu akan terasa lemas dan tidak bertenaga selama puasa Ramadan.

Tidak dapat dimungkiri bahwa orang yang berpuasa identik dengan kondisi tubuh yang lemas dan lesu, khususnya saat di siang hari. Namun, jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan untuk menjalankan puasa dengan bermalas-malasan.

Anda bisa tetap memiliki badan yang fit dan bugar selama Ramadan dengan beberapa tips berikut ini: 

1. Awali dengan menu sahur penuh nutrisi

Sahur adalah waktu paling penting untuk seseorang yang berpuasa. Hal ini dikarenakan makanan atau minuman yang Anda konsumsi saat sahur akan dijadikan tubuh sebagai cadangan energi untuk melakukan aktivitas hingga sore hari.

Oleh karena itu, mengatur menu saat sahur adalah hal yang penting. Agar badan tetap menyimpan tenaga hingga saat berbuka tiba, konsumsilah menu yang mengandung karbohidrat dan juga tinggi serat seperti nasi merah atau roti gandum utuh.

Sajikan juga menu pelengkap seperti daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, atau ikan. Jangan lupa cukupi kebutuhan air putih agar tubuh tetap terhidrasi. Jika perlu, Anda juga bisa menambahkan susu untuk melengkapi gizi yang didapatkan saat sahur.

Jadi mempertahankan agar kondisi badan tetap fit selama berpuasa bukanlah angan-angan belaka. Dengan menerapkan beberapa tips di atas, harapannya Anda senantiasa energik dan bugar saat menjalankan ibadah puasa.

Sumber KLikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News